Dari Birokrasi ke Politik: Anwar Hafid Siap Majukan Sulteng dengan 9 Program Prioritas 

  • Whatsapp
Anwar Hagfid Calon Gubernur Sulawesi Tengah. (Bulletin/Foto:Ist)

PALU, BULLETIN.ID – Sosok Anwar Hafid tidak diragukan lagi sebagai calon pemimpin Sulawesi Tengah untuk periode 2024-2029. Dengan segudang prestasi, pengalaman di pemerintahan dan politik, serta keahlian yang mumpuni, Anwar Hafid dianggap sebagai kandidat yang kuat.

Anwar Hafid, yang lahir di Wosu, Morowali pada 14 Agustus 1969, memulai karir birokrasi pemerintahannya sebagai Kepala Desa Bastem di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan selama lima tahun, kemudian sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) selama satu tahun, dan Camat selama lima tahun. Selanjutnya, ia menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan.

Karir birokrasi Anwar Hafid terus berkembang hingga puncaknya, memadukan ilmu pemerintahan dengan politik. Pada tahun 2007, Anwar Hafid mencalonkan diri sebagai Bupati Morowali setelah Andi Muhammad dan Datlin Tamalagi. Dalam kontestasi politik lokal Morowali, Anwar Hafid yang berpasangan dengan Sumisi Umi Marundu berhasil terpilih sebagai Bupati Morowali untuk periode 2007-2012.

Selama lima tahun kepemimpinannya, Anwar dan Sumisi membawa Morowali menuju kemajuan dan meletakkan pondasi pemerintahan yang kuat dengan pembangunan berkelanjutan. Tidak heran jika pada periode berikutnya (2012-2018), Anwar dan Sumisi masih mendapatkan kepercayaan masyarakat Morowali.

Sebagai Ketua Masyarakat Cinta Masjid (MCM) Sulteng, Anwar Hafid tidak hanya sukses di birokrasi pemerintahan tetapi juga di bidang politik. Karir politiknya terus menanjak sejak terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Sulteng setelah Ahmad Yahya.

Setelah menyelesaikan masa tugasnya sebagai Bupati Morowali selama 10 tahun, Anwar Hafid, yang merupakan alumni Doktoral Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2023, mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Sulteng sebagai anggota DPR RI Komisi V dari Fraksi Partai Demokrat. Selama menjabat sebagai anggota DPR RI, Anwar Hafid menerima berbagai penghargaan, antara lain:

  1. Top Legislator Populer 2024-2029
  2. Legislator Peduli Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat
  3. Mahkama Dewan Kehormatan Awards dari DPR RI 2022
  4. Top Legislator Awards 2022
  5. Best Freedom of Speech Anggota DPR RI 2021
  6. Tokoh Peduli Daerah dari Teropong Parlemen Awards 2020
  7. Kepala Daerah Inovatif 2017
  8. Inspirator Pembangunan Daerah dari Pusat Kajian Keuangan Negara Mendagri
  9. Inspirasi Kinerja Kepala Daerah Terbaik 2012
  10. Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha

Bukti kerja nyata Anwar Hafid selama menjabat sebagai Bupati Morowali dua periode antara lain:

  1. Memelopori program Morowali Sejahtera, meningkatkan jumlah mahasiswa dari 700 menjadi sekitar 3.400 dan melonjakan IPM Morowali dari 65,2% pada tahun 2007 menjadi 70,3% pada tahun 2018.
  2. Meningkatkan taraf kesejahteraan dan kesehatan masyarakat secara konsisten dengan capaian 75% dari tahun 2007-2017.
  3. Menjamin kebutuhan dasar masyarakat dengan membentuk badan penyelenggara jaminan sosial daerah, termasuk jaminan pengobatan gratis dan program selamatkan ibu hamil.
  4. Membangun infrastruktur penting seperti jembatan penghubung antar pulau, bandara Morowali Maleo, pelabuhan laut kapasitas 100 ton, dan jalan aspal sepanjang 1.000 kilometer untuk komoditas petani.
  5. Mendukung hasil produksi pertanian dengan memberikan 500 hand traktor dan program anggaran Rp10 miliar per tahun untuk peningkatan hasil pertanian.
  6. Membangun mental pegawai dengan konsep Morowali Berjamaah dan Morowali Mengaji bagi pegawai Muslim.
  7. Menggagas Kawasan Industri Morowali, meningkatkan ekonomi makro melalui program investasi yang membuka lapangan kerja. Pertumbuhan ekonomi Morowali rata-rata sebesar 7-8% per tahun, dengan penurunan persentase penduduk miskin dari 12% menjadi 9% dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) sekitar 4-5%.
  8. Merealisasikan program Aladin (atap, lantai, dinding) dan membangun rumah layak huni.
Berita Pilihan :  Ahmad Ali Optimis Menang di Morowali

Sebagai calon Gubernur, Anwar Hafid berpasangan dengan calon wakil gubernur dr. Reny A Lamadjido, M.Kes, seorang wanita berpengalaman dalam birokrasi pemerintahan dan berprestasi di bidang kesehatan, serta putri almarhum Gubernur ke-7 Sulteng, H. Abdul Azis Lamadjido. Pasangan ini mengusung tagline BERANI (Bersama Anwar – Reni) dengan sembilan program unggulan, yaitu:

  1. BERANI CERDAS: Mewujudkan pendidikan gratis untuk anak miskin dan beasiswa untuk guru, serta revitalisasi infrastruktur pendidikan.
  2. BERANI SEHAT: Menyediakan pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis berbasis KTP, membangun rumah sakit bertaraf internasional, serta pemberian makanan bergizi bagi balita rawan stunting.
  3. BERANI LANCAR: Membangun tol desa sepanjang 1.000 kilometer, percepatan pembangunan jalan tol dan Kawasan Delta Agropolitan.
  4. BERANI MENYALAH: Memastikan akses listrik, air bersih, dan jaringan internet di pedesaan dan daerah terpencil.
  5. BERANI SEJAHTERA: Menjamin harga sembilan bahan pokok, revitalisasi rumah tidak layak huni, dan pengembangan kawasan lumbung pangan nasional di Sulteng.
  6. BERANI BERKAH: Meningkatkan insentif bagi guru mengaji, marbot masjid, pendeta, tokoh agama, dan penyetaraan status pesantren dan sekolah keagamaan.
  7. BERANI MAKMUR: Mendukung petani millenial dengan modernisasi alat pertanian, penyediaan bibit unggul, bantuan alat tangkap bagi nelayan, dan hilirisasi hasil tani dan nelayan.
  8. BERANI HARMONI: Mengembangkan desa wisata, inkubasi UMKM, serta pelestarian budaya dan potensi adat lokal Sulteng.
  9. BERANI BERINTEGRITAS: Menyediakan layanan administrasi digital terintegrasi, call center, dan bantuan operasional Rp5 miliar per kecamatan di Sulteng.

Program BERANI mencerminkan komitmen pasangan ini untuk memberikan BLT sembako murah, kesempatan kerja, renovasi rumah, pendidikan gratis, layanan kesehatan gratis, dan infrastruktur tol desa.

Pos terkait