Andi Nur B Lamakarate Minta Persoalan di Masyarakat Jadi Tema Debat Kandidat Kota Palu 2024

  • Whatsapp
Andi Nur B. Lamakarate Calon Wakil Wali Kota Palu. FOTO: Tim HAMDAL

PALU, BULLETIN.ID – Calon Wakil Wali Kota, Andi Nur B. Lamakarate berharap tema debat kandidat Pilkada Kota Palu 2024 disuaikan dengan kondisi dan kebutuhan wilayah itu.

Menurutnya ada beberapa isu penting yang hingga saat ini menjadi polemik di masyarakat dan wajib dijadikan bahan debat.

Diantaranya isu soal keamanan di jam malam, penanganan tingkat pengangguran yang tinggi, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), hingga kebijakan pungutan ke masyarakat yang dinilai memberatkan.

“Ada banyak permasalahan di wilayah ini, harusnya KPU Palu menyajikannya sebagai bahan debat, sehingga masyarakat dapat menilai pasangan calon mana yang memiliki solusi untuk mengatasinya,” ungkap Andi Nur B Lamakarate usai hadiri rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut pasangan calon yang digelar KPUD Kota Palu, Senin malam (23/9/2024).

Ketua DPC Gerindra Kota Palu itu mengatakan, dia dan Calon Wali Kota Palu, Hidayat telah merumuskan solusi jitu untuk mengatasi persoalan itu dan siap dipaparkan saat debat nanti.

“Sebenarnya banyak cara untuk meningkatkan PAD, salah satunya dengan menarik minat investor, bagaimana cara, ya dengan menyiapkan fasilitas pendukung. Contoh, dulu siapa yang mau masuk berinvestasi di Indonesia, karena mau masuk Indonesia tidak ada listrik, nah orang Indonesia memanfaatkan peluang itu dengan membangun pembangkit listrik, bisa berdagang listrik sama PLN,” ungkapnya.

Lebih jauh dirinya mengatakan, isu galian C di sejumlah titik dan tambang emas Poboya juga wajib dibicarakan untuk memaksimalkan aliran dana masuk ke khas daerah, meningkatkan ekonomi masyarakat lingkar tambang, dan meminimalisir dampak buruknya ke masyarakat.

Dimana hingga kini masyarakat lingkar tambang menjerit akibat debu di musim panas dan banjir di musim hujan.

Berita Pilihan :  Jelang Pilkada, Pengawasan Orang Asing di Sulteng Diperketat

“Siapapun pemimpinnya harus punya solusi, nah hal ini digali dari para kandidat, apa solusinya,” tutur pria yang akrab disapa Anca itu.

Bahkan Ketua Ikatan Alumni SMA Negeri 4 Palu itu berharap KPU Kota Palu menggelar debat khusus Calon Wakil Wali Kota Palu.

“Saya berharap ada debat khusus calon wakil wali kota biar masyarakat tahu tugas dan fungsi wakil wali kota,” tegasnya.(**)

Pos terkait