Terinspirasi dari fashion trend dunia, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir melengkapi jajaran Classy Yamaha di Indonesia

  • Whatsapp
Terinspirasi dari fashion trend dunia, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir melengkapi jajaran Classy Yamaha di Indonesia.(Bulletin/foto:Dok)

JAKARTA, Bulletin.id, Yamaha Indonesia meluncurkan produk terbarunya, skutik retrol Grand Filano 125, Selasa 17 Januari 2023. Launching dilakukan di kawasan Kuningan Jakarta, Yamaha Indonesia Motor manufacturing secara resmi merilis produk skuter matik yang termasuk dalam genre Classy Yamaha.

Secara penampilannya sendiri Yamaha Grand Filano 125 Hybrid Connected mengusung konsep retro scooter dimana platform desain fisiknya lebih terasa mengusung dimensi skuter Eropa yang sangat terinspirasi dengan Vespa.

Dengan desain yang sedang hype, serta fitur-fitur yang gak bisa dibilang sepele, Grand Filano 125 punya kans kuat untuk jadi favorit di kelasnya. Mesin 125cc yang sama dengan Yamaha Fazzio tentunya jadi daya tarik tersendiri, karena masih masuk akal untuk dapat irit serta responsifnya. 

Motor retro ini bakal menjadi produk kedua segmen Classy Yamaha, setelah Fazzio 125 Hybrid yang meluncur di Januari 2022 lalu.

Pakai basis mesin berlabel Blue Core yang sama seperti Yamaha Fazzio, nama lengkapnya adalah Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected.

“Terinspirasi dari fashion trend dunia, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir melengkapi jajaran Classy Yamaha di Indonesia!,” tulis Yamaha Indonesia di Instagram.

“Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected mengajak kamu untuk step up ke level lifestyle yang lebih tinggi melalui keunggulan desain mewah, teknologi terbaru dan fitur canggih yang semakin berkelas,” sambungnya.

Dalam postingannya @yamahaindonesia, Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected hadir dalam 2 (dua) kategori dengan tampilan warna yang berbeda, yaitu LUX dan NEO. Untuk tipe LUX version hadir dengan pilihan warga premium yaitu LUX White Pearl dan LUX Matte Blue. Sedangkan untuk tipe NEO version hadir dengan pilihan warna yang lebih beragam yaitu NEO Dull Blue, NEO Red, NEO Beige dan NEO Black.

Berkubikasi 125 cc SOHC 2 katup berpendingin udara dengan sistem injeksi, bertenaga 8,3 dk @6.500 rpm dengan torsi 10,4 Nm @5.000 rpm.

Fiturnya ada sistem smart key, stop & smart system, one push start, side stand switch, serta panel instrumen digital dengan Y-Connect.

Soal kelengkapan sudah pakai lampu full LED, power outlet, serta bagasi jok seluas 27 liter yang juga dilengkapi lampu LED serta tersedia tipe dengan rem ABS.

Nama sistem hybrid di Yamaha Grand Filano 125 adalah POWER ASSIST hybrid. Sistem Power Assist Hybrid Yamaha ini memiliki 3 komponen penting yakni baterai, mesin SMG (Smart Motor Generator), dan juga sebuah ‘ECU‘ bernama SGCU (Smart Generator Control Unit).

Baterai bertugas memberikan supply listrik dan menyimpan listrik. SMG atau Smart Motor Generator nanti merupakan tempat/parts di mana assist listrik diberikan. Sedangkan SGCU merupakan pusat pengendalian kapan assist diberikan, kapan assist nggak diberikan, dan kapan baterai di re-charge.

Berita Pilihan :  CEO PT Vale Raih Penghargaan ISRA Award 2024 atas Kepemimpinan Berkelanjutan

Saat tidak dibutuhkan baterai dari motor di-charge listriknya oleh sistem SMG tersebut. Dan saat dibutuhkan untuk start dan berakselerasi, maka skutik Yamaha Filano 125 Connected yang sumber tenaga utamanya tetap dari mesin bakar (ICE) akan memperoleh ‘tambahan power dan torsi’ dari ‘suntikan‘ tenaga listrik yang disalurkan dari baterai.

Yamaha Grand Filano 125 ini memiliki sistem start-stop system yang lebih advance. Sistem start stop generasi ke dua yang memiliki 2 mode : normal atau jalan padat, sistem akan secara otomatis menghentikan mesin saat berhenti dan restart saat berakselerasi untuk menghemat bahan bakar. Dengan mild hybrid, Yamaha Filano 125 bisa diajak irit sampai 60,24 km per liter.

Mesin Yamaha Grand Filano 125 dibenamkan di sasisnya jenis underbone yang dikombinasikan dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang tunggal. Mengenai pengereman, menggunakan rem cakram untuk depan dan rem tromol pada bagian belakang dengan menghadirkan sistem ABS pada tipe tertingginya dengan ukuran roda depan dan belakang dibuat mirip dengan Yamaha Fazzio yang 110/70-12.

Diposisikan di atas Fazzio, namun memiliki kesamaan diferensiasi bila dibandingkan skutik lain di sisi kepraktisan bagi pengendaranya berupa lubang tangki bahan bakar yang diletakkan di bagian depan bawah setang sebelah kiri. Hal ini tentunya akan membuat lebih mudah untuk melakukan pengisian bahan bakar karena nggak usah repot repot membuka jok belakang.

Ini juga akan membuat bagasi bawah jok menjadi sangat luas karena tangki BBM pindah ke bawah dek. Kapasitas bagasi luas banget dan diklaim mencapai 27 liter, sanggup memuat dua buah helm dan diberikan semacam LED buat penerang dari kompartemen bagasi ini.

Joknya sendiri memiliki desain yang dihaluskan untuk meningkatkan estetika dan membantu pengendara menjadi lebih nyaman. Sudut jok penumpang disesuaikan lebih tinggi dari posisi duduk pengendara.

Fitur Grand Filano 125 Connected yang juga canggih adalah pada bagian panelmeter dashboard. Panelmeter yang digunakan untuk model 2023 menggunakan kombinasi dua cluster antara LCD digital dengan negative display dengan layar TFT plus indikator tangki bahan bakar yang menggunakan model jarum analog pada layarnya.

Yamaha Grand Filano 125 juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan jarak perjalanan.

Juga dibenamkan teknologi konektifitas dengan ponsel (Y-Connect) dimana dengan fitur ini pengendara dapat memantau email, panggilan, pesan (SMS), rekomendasi servis dan oli, konsumsi bahan bakar, lokasi parkir, putaran mesin, dan juga fitur pelacakan trip perjalanan.(Bulletin/Wawa) 

Pos terkait