Pendaftaran Calon Anggota KPU Sulteng Periode 2023-2028 Mulai Dibuka 

  • Whatsapp
Pendaftaran Calon Anggota KPU Sulteng Periode 2023-2028 Mulai Dibuka. (Bulletin/Foto/ Ana)

Bulletin.id- Pendaftaran Calon anggota komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulteng Mulai dibuka sejak 10 sampai 21 Februari 2023.

Hal tersebut disampaikan secara resmi  oleh kelima Tim Seleksi  Calon anggota KPU Sulteng terpilih yaitu secara resmi 5 Timsel yakni  Dr. Nur Sangaji,  Dr. Gani Jumat, Dr. Kartini Malarangan, Dr. Fitayanti Fattah dan Taufik Bidullah. 

 Ketua Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU Sulteng Nur Sangaji menuturkan  bahwa kelima timsel yang telah dipercayakan oleh negara untuk menyeleksi calon anggap KPU Sulteng merupakan para akademisi yang telah berpengalaman serta memiliki integritas. 

“Kita berharap bahwa hasil nantinya yang dicapai dalam proses lebih kredibel dan dipercaya sehingga amanah ini bisa ditunaikan dengan baik. ” Ujarnya. di Kantor KPU Sulteng, Senin (13/02/2023).

Ditambahkan untuk pendaftaran calon anggota KPU sulteng nantinya dapat membuka aplikasi SIAKBA atau bisa langsung mendatangi Sekretariat Tim Seleksi di Kantor KPU Sulteng. 

“ Bagi yang ingin  mendaftar  bisa menggunakan aplikasi, atau bisa datang langsung ke kantor KPU Sulteng,” ujarnya.

Menurut Nur Sangaji Pendaftaran calon anggota KPU Sulteng itu dibuka untuk seluruh masyarakat di wilayahnya yang memenuhi persyaratan dan berkeinginan untuk menjadi salah satu dari lima komisioner.

Lebih lanjut Fitayanti Fattah, Sekretaris Timsel menyatakan bahwa pendaftaran dibuka selama 12 hari dan dilanjutkan dengan penelitian administrasi.Hal tersebut berdasarkan Keputusan KPU Nomor 71 Tahun 2023 tentang jadwal tahapan Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sulawesi Tengah.

““Penelitian administrasi berdasarkan jadwal dimulai 10 Februari 2023 hingga 21 Februari 2023. Jika dalam masa pendaftaran masih dibutuhkan, maka akan dilakukan perpanjangan pendaftaran pada 22 Februari hingga 27 Februari,” jelasnya. 

Ditambahkan dalam pencalonan nantinya Tim Seleksi (Timsel) menekankan empat aspek penilaian, yakni pendidikan, pengalaman kepemiluan, pelatihan atau kursus kepemiluan, dan karya tulis ilmiah tentang kepemiluan.

“Untuk tes tertulis dan tes psikologi ini, kita akan berkoordinasi terkait kesiapan dari pihak Sekretariat KPU Sulteng terutama tempat pelaksanaan tes tertulis ada menggunakan system CAT,dimana mana nantinya beberapa proses tersebut setelah tes tertulis dan psikolog, ada penetapan hasil tes kesehatan dan wawancara, selanjutnya Tahapan akhir dari seleksi Calon Anggota KPU Sulteng yakni pengadministrasian keputusan KPU RI 

, “Jelasnya.

Pos terkait