Bawaslu Sigi Gelar Apel Siaga Menuju Satu Tahun Pemilu 2024

  • Whatsapp
Bawaslu Sigi Gelar Apel Siaga Menuju Satu Tahun Pemilu 2024. (Foto : Hady)

SIGI – Bulletin.id, Menuju Satu tahun pemilihan umum tahun 2024, badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sigi menggelar Apel siaga yang dipimpin langsung Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi  Steny Mariny Pettalolo. Di Desa Kota Pulu Kecamatan Dolo Selatan. selasa 13/02/2023. 

Pelaksanaan  apel siaga pengawasan ini dalam rangka mengawal proses pengawasan Pemilu tahun 2024, serta memaksimalkan pengawasan internal Bawaslu tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.

“Apel siaga yang kita laksanakan hari ini, juga serentak dilaksanakan semua daerah di Indonesia, menuju satu tahun voting day yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang”

Kata Steny Marini Pettalolo Ketua Bawaslu Kabupaten Sigi.

Steny menjelaskan bahwa apel ini adalah langkah awal bagi Bawaslu untuk memastikan pemilu 2024 berjalan dengan bersih jujur dan adil serta melihat bagaimana partisipasi masyarakat itu sendiri dalam mengedukasi dan menjaga nilai-nilai politik. 

Bawaslu sebagai struktur pemilu tidak bisa mengawasi semua tahapan pemilu sehingga dibutuhkan kerjasama berbagai pihak termasuk masyarakat itu sendiri agar semua tahapan pemilu dapat berjalan dengan bersih, jujur dan adil.

Saat ini tahapan pemilu sudah masuk tahap verifikasi faktual dan pemutakhiran data untuk memastikan masyarakat sudah terdata apa belum karena petugas pantarlih akan menyambangi semua rumah warga

“Verifikasi ini sudah berjalan dan akan berakhir sampai tanggal 26 Februari dan bersamaan dengan itu, saat ini juga jajaran pengawas tengah melakukan proses tahapan pengawasan pemutakhiran data pemilih yang sudah dimulai tanggal 12 Februari lalu”kata Steny.

Selanjutnya ketua Bawaslu Sigi Steny Mariny Pettalolo, membacakan Deklarasi yang diikuti seluruh peserta apel siaga Pengawasan Pemilu tahun 2024, yang dirangkaikan dengan penandatanganan oleh semua peserta yang hadir, di atas spanduk yang bertuliskan deklarasi damai.

Berita Pilihan :  Fadli Anang Diambil Sumpah PAW  Anggota DPRD Sulteng Masa Jabatan Tahun 2019-2024

Dalam apel siaga tersebut, juga hadir komisioner Bawaslu Sigi Dewi Tisnawaty dan Agus Irade

kemudian dalam barisan apel siaga hadir pula  para ketua Panwascam se Kabupaten Sigi dan PKD itu juga dihadiri Perwakilan dari Kesbang POl Sigi Burhan, Ketua FKUB Sigi Ridwan, perwakilan media serta tokoh adat. Steny Mariny Pettalolo sebagai inspektur dihadapan apel siaga mengatakan. *** 

Pos terkait