Nombok Hingga 200 Juta Perbulan, Fraksi Nasdem Minta Pemkot Cabut Lampu PJU Mercury

  • Whatsapp
Muslimun,Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Palu.(Bulletin/Foto: Ist)

Bulletin.id,Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Kota Palu, Muslimun meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Palu untuk mencabut pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang masih menggunakan lampu mercury. Menurutnya, lampu PJU mercury menjadi salah satu penyebab terjadinya membengkaknya tagihan listrik Pemkot setiap bulan.

Anggota Komisi C DPRD Kota Palu ini menjelaskan, selama ini tagihan listrik khusus lampu PJU itu mencapai Rp 1,4 miliar setiap bulan, sedangkan pada pagu anggaran hanya dianggarkan sebesar Rp 1,2 miliar setiap bulan.

“Jadi kita masih nombok sebesar Rp200juta perbulan,” ujarnya.

Lanjutnya, berdasarkan hasil hearing Komisi C dan PLN beberapa waktu lalu, masih ada sekitar 1.000 lebih lampu PJU mercury yang tersebar di sejumlah titik di Kota Palu. Hal itu menurutnya perlu segera dicabut dan digantikan dengan lampu LED agar tagihan listriknya bisa terminimalisir.

“Lampu PJU LED sudah ada sekitar 11 ribuan, seribu lebih itu masih menggunakan lampu mercury yang beban listrik dan tagihannya cukup besar,” jelasnya. 

Kimun juga menjelaskan, total lampu PJU Kota Palu saat ini masih minim dari target kebutuhan yang seharusnya berjumlah 18 ribuan lampu PJU.

“Sebelumnya, berdasarkan perhitungan Pemkot, Kota Palu membutuhkan sekitar 18 ribu lampu PJU untuk menuju Palu Terang,” jelasnya. **

Pos terkait