DPRD Palu Sebut Edukasi Dan Sosialisasi Perlu Ditingkatkan Untuk Meraih Adipura 

  • Whatsapp
Ahmad Umayer Ketua Komis C DParF Kota Palu. ( Bulletin/Foto: Resti)

Bulletin.id,Kota palu gagal masuk dalam  daftar penerima piala Adipura tahun 2022. Meski sebelumnya pemerintah kota palu terus menggaungkan   bahkan gencar melakukan sosialisasi terkait kebersihan di tiap tiap Lingkungan kelurahan, namamu  hal itu nyatanya belum

mampu membawa nama kota palu dalam daftar penerima piala Adipura tahun 2023 sebagai salah satu pemenang. 

Menyikapi hal itu, Ketua Komisi C DPRD Palu, Ahmad Umayer menegaskan untuk meraih penghargaan dibidang kebersihan (Adipura), perlu edukasi maupun sosialisasi masif. Sehingga masyarakat menyadari bagaimana pentingnya menerapkan pola hidup yang baik.

Menurutnya, bukan hanya pengadaan alat maupun kendaraan kebersihan atau prasarana pengangkutan sampah. 

Namun katanya, peran serta masyarakat untuk merealisasikan kebersihan di Kota Palu, menjadi hal yang paling utama. Karena bagaimanapun usaha dari pemerintah jika tidak didukung sepenuhnya oleh warga, hal itu tidak akan terwujud

Dalam Islam disebutkan, kebersihan itu sebagian dari iman. Olehnya, kami menyarankan perlu adanya edukasi secara masif terkait kebersihan kepada masyarakat. Sehingga mereka bisa menjaga kebersihan di tingkat rumah mereka sendiri dulu,” ungkapnya,beberapa waktu lalu  di Kantor DPRD Kota Palu.

Pemerintah Kota Palu Sebut Ahmad Umayer, telah berupaya melakukan pengelolaan sampah dengan baik. 

Meskipun belum mendapatkan penghargaan Adipura pada tahun 2022. Namun dirinya memberikan apresiasiapresiasi atas upaya dan kerja keras dari Pemerintah Kota Palu. 

“Walaupun tahun 2022 Kota Palu belum bisa meraih Adipura, tapi hal itu jangan membuat kita putus asa. Harus optimis bisa meraihnya,” terangnya.

Pengelolaan sampah lanjut politisi Partai Golkar tersebut, ibaratnya harus dilakukan dari hulu hingga ke hilir. 

Lebih jauh ia membeberkan bahwa kontrak antara Pemkot Palu dan pihak lain terkat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kawatuna, akan direalisasikan pada tahun ini.

Berita Pilihan :  Palu Terima Penghargaan Kota Paling Inovatif dalam Penggunaan Aplikasi SRIKANDI

“Alhamdulilah, pihak NUDP telah membangun sarana dan prasarana TPA di Kawatuna. Sebelumnya DPRD telah menyerahkan Amdal untuk TPA,” terangnya.

Selain itu, Ketua Komisi C DPRD Kota Palu juga meminta kajian terkait pengadaan sarana kebersihan, tarif retribusi kepada Pemkot. Namun hingga saat ini, hal itu belum diserahkan kepada pihaknya. **

Pos terkait