Mandi Junub Setelah Imsak, Apakah Puasa Masih Sah? 

  • Whatsapp
Ilustrasi

PALU.BULLETIN.ID – Mandi Junub disiang hari saat bangun tidur dibulan ramadhan apakah puasa masih sah atau batal? Pertanyaan ini sering kita temui. Namun apakah hal tersebut masih emungkunkan untuk melanjutkan puasa. 

Mandi junub merupakan mandi besar yang dilakukan oleh pasangan suami istri setelah melakukan hubungan seksual.

Namun, di bulan Ramadan, hubungan seksual juga diperbolehkan saat malam hari. Bagaimanapun, apabila Anda lupa untuk melakukan mandi junub sebelum imsak, apakah masih boleh puasa?

Dalam Islam, pasangan suami istri tidak dilarang untuk melakukan hubungan badan selama bulan Ramadhan asalkan dilakukan di antara waktu malam hari hingga fajar.

Hal ini sesuai dengan ayat dalam Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 187, yang menyatakan bahwa:

“Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka.”

Tetapi, jangan sampai lupa untuk melakukan mandi junub atau mandi besar. Mandi junub dilakukan agar tubuh kembali bersih setelah melakukan hubungan seksual. 

Apabila Anda lupa melakukan mandi junub sebelum imsak, tidak perlu khawatir. Menurut situs Nahdlatul Ulama, puasa Anda tetap sah meski mandi junub dilakukan sehabis fajar terbit. Mandi junub kesiangan ternyata tidak membatalkan puasa.

Hal ini juga diperkuat oleh hadits riwayat Bukhari dan hadits riwayat Muslim yang menceritakan pengalaman Rasulullah SAW yang masih dalam kondisi junub saat pagi hari puasa sebagaimana keterangan istrinya.

“Dari Aisyah RA dan Ummu Salamah RA, Nabi Muhammad SAW pernah pagi hari dalam kondisi junub karena jimak, kemudian beliau mandi dan terus berpuasa.” (HR Muttafaq Alaih)

Namun, penting untuk diingat bahwa Anda masih perlu segera melakukan mandi junub setelah bangun tidur. Anda bisa melakukan mandi junub dan tetap berpuasa hingga matahari tenggelam.

Dalam pemaparan di situs resmi Nadhlatul Ulama juga menyarankan agar orang yang junub sebaiknya segera melakukan mandi wajib agar bisa menjalani ibadah puasa seharian dalam keadaan suci dari hadats besar.

Jadi, jika Anda lupa melakukan mandi junub sebelum imsak, jangan khawatir. Anda tetap bisa berpuasa dengan tenang dan khusyuk, asalkan segera melakukan mandi junub setelah bangun tidur.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami lebih lanjut mengenai hukum mandi junub kesiangan saat berpuasa. (*)

Sumber : Ayoindonesia.com

Pos terkait