Sinar UV berada Di Indeks Ekstrem, BMKG Imbau Masyarakat Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari

  • Whatsapp
BMKG) melalui laman instagramnya memprediksi bahwa indeks ultra violet (UV) di sebagian besar wilayah indonesia termasuk kota palu pada selasa 25/04/2023 akan berada di level tinggi atau ekstrim. (Bulletin/Foto:ilustrasi)

PALU,BULLETIN.ID – Badan meteorologi,klimatologi dan geofisika (BMKG)  melalui laman instagramnya memprediksi bahwa indeks ultra violet (UV) di sebagian besar wilayah indonesia termasuk kota palu pada selasa 25/04/2023 akan berada di level tinggi atau ekstrim. 

Badan  meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) mencatat indeks UV  mulai meningkat dengan waktu peningkatan adalah 

Pukul  09:00 Wita dimana wilayah tengah indonesia timur mulai masuk level moderat ( kuning resiko bahaya sedang ) lalu label orange (resiko bahaya tinggi) hingga ekstrim (resiko bahaya sangat tinggi). 

Pukul 12:00 -13:00 Wita tingkat indeks UV sangat tinggi merah ( risiko bahaya sangat tinggi ) hingga extreme ( resiko bahaya sangat tinggi). 

Pukul 15:00-16:00 indeks UV mulai menurun dan berada di level normal pada PKL 17:00 Wita

Indeks UV adalah angka tanpa satuan untuk menjelaskan tingkat paparan radiasi sinar ultra violet yang berkaitan dengan kesehatan manusia.  

Untuk itu badan meteorologi,klimatologi dan geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat agar menghindari paparan sinar matahari langsung pada jam-jam tersebut. 

Sumber :IG BMKG

Berita Pilihan :  CEO PT Vale Raih Penghargaan ISRA Award 2024 atas Kepemimpinan Berkelanjutan

Pos terkait