Bus Rombongan Pesantren Gontor Jatuh Ke Jurang, 3 Orang Meninggal Dunia 

  • Whatsapp
Bus Rombongan Pesantren Gontor Jatuh Ke Jurang, 3 Orang Meninggal Dunia. (Bulletin/Foto:ist)

PARIGI, BULLETIN.ID – Sebuah bus yang mengangkur rombongan pesantren gontor dari arah palu hendak ke Kabupaten Poso mengalami kecelakaan di kilometer empat, kawasan kebun kopi, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Rabu(3/5/2023) malam.

Akibat kecelakaan tersebut tiga penumpang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Kini seluruh penumpang telah berada di Rumah sakit Umum Anuntaloko Parigi untuk diberikan perawatan.

Kronologi kecelakaan bus terjadi sekitar pukul 21.30 waktu setempat. Saat itu bus dari Palu dengan tujuan Poso membawa 33 penumpang diantaranya adalah tenaga pengajar dari Pondok Pesantren Gontor Ponorogo, Jawa Timur yang akan ditugaskan di pondok Pesantren Gontor Kabupaten Poso.

Bus yang ditumpangi para penumpang tersebut melaju dengan kecepatan tinggi saat melintas di kilometer empat kawasan kebun kopi dan berusaha menyalip kendaraan yang berdara didepan.

Namun supir tidak melihat bahwa didepan ada tikungan dan jurang di sisi kiri dan akhirnya kaget, tak mampu mengendalikan kemudi hingga seketika terjun kejurang sedalam 32 meter.

Melihat Bus yang terjatuh sejumlah kendaraan yang melintas dan melihat kejadian segera melaporkan kepada polisi untuk meminta pertolongan.

Tim SAR dan Polisi turun melakukan evakuasi dengan memakan waktu kurang lebih sejam. Dari hasil evakuasi tiga penumpang meninggal dunia.

Sedangkan puluhan lainnya luka-luka. Seluruh korban langsung dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Anuntaloko Parigi.

Gilang Prasetyo korban selamat mengaku, Ia dan puluhan tenaga pengajar lainnya akan berangkat menuju poso untuk bertugas di Pondok Pesantren Gontor Kabupaten Poso. Namun saat menuju ke tempat tujuan bus yang ditumpanginya dalam kecepatan tinggi dan rem blong sehingga terjun ke jurang.

Berita Pilihan :  Asuransi Pertanian Salah Satu Komitmen Ahmad Ali Majukan Sulteng 

”Saat itu memang Bus melaju dengan kecepatan tinggi, dan tidak melihat ada tikungan. Rem juga blong jadi supir tidak bisa kendalikan Bus, “Jelasnya.

Sementara itu Kepala Bagian Operasional Satuan Lantas Polres Parigi Moutong Inspektur Satu Zulgufran membenarkan kecelakaan yang menimpa sebuah bus dari Palu tujuan Poso. Akibat kecelakaan itu, tiga penumpangnya tewas, 29 orang lainnya terluka.

“Dari proses evakuasi tersebut,tiga penumpang dilaporkan tewas yang diidentifikasi bernama Muh Riski Pratama, Erlangga Agustian dan Muhammad Fatir.”Ungkapnya.

Pos terkait