Dinas Pangan Sulteng, Serahkan Bantuan Beras 39,7 Ton ke Bupati Poso Verna Inkiriwang

  • Whatsapp
Dinas Pangan Sulteng, Serahkan Bantuan Beras 39,7 Ton ke Kabupaten Poso (Bulletin/Foto:ist)

POSO,BULETIN.ID-  Kepala Dinas Pangan Provinsi Sulawesi Tengah, H. Iskandar Nongtji menyerahkan beras sebanyak 39,7 ton kepada Bupati Poso Verna Inkiriwang, di Kantor Bupati Poso, Selasa 26 September 2023. Beras tersebut adalah beras cadangan pangan yang berasal dari Pemerintah Pusat kepada pemerintah kabupaten/kota yang mempunyai kerawanan pangan di daerahnya. 

Iskandar Nontji mengatakan, bantuan pangan tersebut adalah untuk mengatasi kerawanan pangan berdasar peta ketahanan pangan yang diusulkan oleh daerah. Peta Ketahanan dan Kerentanan Pangan atau Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) merupakan instrumen untuk mengidentifikasi tingkat kerentanan terhadap terjadinya rawan pangan di wilayah secara komprehensif.

FSVA menurut dia, merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis dari hasil analisa data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan dan disusun berdasarkan tiga aspek ketahanan pangan yaitu, aspek Ketersediaan, aspek akses pangan dan aspek pemanfaatan sesuai FSVA. Menurut dia, ini merupakan instrumen untuk mengidentifikasi tingkat kerentanan terhadap terjadinya rawan pangan di wilayah secara komprehensif.

Peta ini ungkap mantan Asisten 3 Kabupaten Sigi ini, ada disemua kabupaten. Hampir di 13 kabupaten/kota ada kerawanan pangan yang harus diawasi. peta ini diajukan oleh kabupaten/kota. Berdasarkan pemetaan itu, kemudian diluncurkan bantuan beras yang berasal dari pemerintah pusat. 

Lebih jauh ia mengatakan, ada dua hal yang menyebabkan terjadi kerawanan pangan disuatu wilayah. yakni karena masih ada masyarakat miskin serta cuaca iklim yang menyebabkan bencana seperti menentu banjir, longsor dan atau bencana besar lainnya. Sedangkan el-nino menurut dia, belum membawa dampak signifikan bagi ancaman pangan. Justru fenomena iklim tersebut memberi dampak lain karena petani bawang menikmati hasil yang bagus.  

Masih menurut Iskandar, di seluruh Sulteng, total bantuan kerawanan pangan sekitar 64 ribu ton. Saat ini tersisa 27 ribu ton. Sebagian besar sudah tersalurkan ke masyarakat. ”Pada tiga bulan kedepan semuanya harus disalurkan ini sesuai intruksi Pak Presiden,” jelas Iskandar yang didampingi Bupati Poso, Verna Inkiriwang,  di Kantor Bupati Poso, Selasa 26 September 2023.   

Berita Pilihan :  Kemenkumham Sulteng Berikan Layanan Kekayaan Intelektual Pada Festival Tampo Lore ke-3

Selain itu, katanya Dinas Pangan Sulteng bersama Bulog terus menggenjot gerakan pangan murah dan mengintervensi pasar untuk mewujudkan stabilitasi  pasokan harga pangan (SPHP) di pasar. Ini dimaksudkan agar harga pangan bisa disesuaikan dengan daya beli masyarakat. Pemerintah Provinsi Sulteng katanya sigap menyiapkan cadangan pangan untuk menjamin harganya sesuai sesuai harga eceran tertinggi (HET) yang berlaku di zona I yang mekiputi Jawa, Lampung, NTT sebesar Rp10.900. per kilogram.

Di tempat yang sama, Verna Inkiriwang mengatakan, pihaknya saat ini mempunyai 7 program unggulan yang difokuskan untuk masyarakat. Tujuannya untuk mengentas kemiskinan di daerah yang dipimpinnya. Program-program tersebut antara lain, bantuan – bantuan langsung ke masyarakat miskin. Terkait dengan hal itu, ia senantiasa berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) tentang hal apa saja yang harus dilakukannya agar nasib warga miskin bisa keluar dari kemiskinan. BPS ungkap Verna menyarankan melakukan operasi pembagian beras dan bahan pangan pokok lainnya. ”Saran tersebut saya kerjakan dengan menyasar warga miskin yang sebelumnya sudah kami identifikasi,” ungkap Verna.  

Ia mengaku sangat berterima kasih pada Dinas Pangan Sulteng karena mengucurkan bantuan sesuai jumlah yang dibutuhkan. Kelak, beras tersebut akan didistribusikan kepada sekitar 3.000 lebih kepala keluarga. Bantuan ini dinilainya adalah yang terbesar. Dengan demikian akan mampu menjangkau warga dalam jumlah besar. Bantuan ini diharapkan tak hanya menurunkan kerawanan pangan di Poso tapi juga menurunkan inflasi yang setiap saat terus mendapat perhatian ekstra dari pemerintah poso. Efeknya juga bisa menurunkan angka kemiskinan. ”Terima kasih pada Dinas Pangan. Ini jumlahnya cukup besar sehingga bisa menjangkau warga dalam jumlah besar. Terima kasih kita doakan pada orang tua kita Pak Gubernur Sulteng diberi kekuatan memimpin kita semua,” pungkas Verna yang bergegas meninggalkan kantor bupati mengikuti sidang paripurna di DPRD Poso, Selasa 26 September 2023. ***

Pos terkait