Empat Produk Komunitas Asal Sulawesi Tengah Akan Hadir di Festival PARARA

  • Whatsapp
Empat Produk Komunitas Asal Sulawesi Tengah Akan Hadir di Festival PARARA. (Bulletin/Foto:Ist)

PALU,BULLETIN.ID – Empat produk komunitas asal Sulawesi Tengah akan hadir di Festival PARARA di Jakarta pada 11 hingga 15 Oktober 2023 mendatang. Kegiatan dua tahunan tersebut digelar oleh Konsorsium PARARA yang diikuti sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan komunitas masyarakat adat dan lokal dari seluruh Indonesia.

“Empat produk komunitas yang mengikuti ajang festival ini adalah produk Virgin Coconut Oil dan minyak kelapa, sabun berbahan baku VCO dari Kelompok Kaluku Belo dari Desa Tanjung Padang Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, Gula Semut Jahe dari Kelompok Tani Hutan Mattuju Tuju dari Desa Oncone Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah”Sebut Buhana pimpinan RESTORE, Jumat (29/9/2023) salah satu gerai yang menampung produk komunitas dampingan di Kota Palu.

Buhana menjelaskan keempat produk tersebut dapat lolos menjadi perwakilan dari Sulawesi Tengah karena melalui tahapan kurasi dari tim yang ditunjuk oleh panitia Festival PARARA dengan beberapa proses penilaian diantaranya terkait IB, PIRT dan proses produksi, harga dan sumber bahan baku yang lestari dan ramah lingkungan serta kelembagaan kelompok.

“Saya bersyukur keempat produk yang selama ini kami dampingi bisa ikut dalam festival tersebut sehingga kami dapat memiliki kesempatan yang baik untuk lebih memperkenalkan, mempromosikan sekaligus memasarkan produk komunitas secara lebih luas,”Ujar Buhana.  

Ia menambahkan bahwa menurut panitia  Festival PARARA 2023 kali ini akan tampil berbeda dengan penyelenggaraan PARARA tahun-tahun sebelumnya. PARARA 2023 mengambil tema dengan konsep “RUMAH PARARA” yang lebih dekat dengan keseharian kaum urban Jakarta. Mengangkat keterlibatan pemuda dan kedaulatan pangan dengan semboyan “Muda,Berdaulat dan Berdaya”.

Sementara itu, Sutarno ketua Kelompok Kaluku Belo menyampaikan kebahagiaannya karena produk mereka dapat mengikuti ajang di luar daerah yang tentunya memberikan semangat dan harapan bagi kelompok usaha kecil yang merekarintis dapat dikenal lebih luas melalui ajang-ajang festival yang dilaksanakan berbagai pihak.

“Saya berharap dengan ajang festival seperti ini produk kami dapat lebih dikenal dan dipasarkan secara meluas tidak hanya dipasarkan di daerah sendiri tetapi juga dapat dipasarkan di luar daerah bahkan harapannya juga memperoleh jaringan pemasaran yang tentunya bisa bekerjasama dalam memperkenalkanmaupun mempromosikan serta memasarkan produk kami,”PintaSutarno berharap.

Pos terkait