Gelar FGD, Komisi l DPRD Sulteng Bahas Kerja Sama Daerah 

  • Whatsapp
Komisi I DPRD Sulteng menggelar Fokus Group Discussion ( FGD) Rancangan Peraturan Daerah Sulteng tentang kerja sama Daerah pada Selasa ( 10/10/23). (Bulletin/Foto:Humas DPRD Sulteng)

PALU,BULLETIN.ID -Komisi I  DPRD Sulteng

menggelar Fokus Group Discussion ( FGD) Rancangan Peraturan Daerah  Sulteng tentang kerja sama Daerah pada Selasa ( 10/10/23).

FGD yang  difasilitasi  Bagian Persidangan dan Perundang Undangan, dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I Hj Wiwik Jumatul Rofi’ah, S.Ag MH   didampingi  dua anggota Komisi I lainnya, masing masing Ir  Elisa Bunga Allo, MM dan Drs Enos Pasua, dengan menghadirkan instansi teknis terkait,  dari Biro Hukum,  Biro Pemerintahan, Kemenkumham, dan juga  tenaga ahli Bapemperda Dr Asri Lasatu SH, MH dan tim  Tenaga Ahli Raperda  yang lagi di godok saa ini yakni  Dr Imran SH, MH.

Dalam FGD  tersebut ada sejumlah yang mengemuka dan menjadi masukan bagi penyusunan rancangan selanjutnya, mulai dari kata pengantar,soal dasar hukum pengaturan, skema kewenangan daerah,  skema kedudukan dan fungsi Perda  Dalam sistem Hukum.nasional, soal judul juga termasuk yang dikritisi.

Dalam FGD juga   berkembang  soal isi norma, dan aspek kehidupan terlalu jauh dan juga sempat  terjadi adu argumen antara pihak penyusun Raperda dan dari Biro Hukum Pemprov Sulteng yang mengatakan, Raperda tentang kerja sama daerah tidk diperlukan karena urusan kerja sama sudah diatur dalam Permendagri maupun dalam.peraturan pemerinta ( PP).

Mendengar hal tersebut, tim.penyusun langsung angkat bicara dan menjelaskan bahwa  Perda tetap sangat diperlukan untuk mengatur secara teknis tentang  bentuk kerja sama daerah, untuk kepentingan  dan kesejahteraan masyarakat Sulteng.

Wiwik juga kemudian mencontohkan Sulsel pernah punya pengalaman, ada bantuan Ambulance dari Jepang, tetapi karena tak ada Perda kerja sama terkendala. ” Nah kita memulainya dan yakin Perda ini Insya Allah bermanfaat untuk kesejahteraan.masyarakat kita,” jelasnya.

FGD kemudian ditutup mendengarkan sejumlah masukan dan beberapa pandangan dari forum.***

Berita Pilihan :  Ketua Fraksi PKS DPRD Sulteng Hadiri Debat Pertama Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng 

Pos terkait