Hasil Perkebunan Topang Penghasilan Petani di Balantak 

  • Whatsapp

BANGGAI,BULLETIN.ID – Sepanjang wilayah Balantak Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah panen hasil-hasil perkebunan yang dapat menopang penghasilan petani.

“Di wilayah kami sepanjang Balantak ini mulai panen raya beberapa komoditi perkebunan diantaranya kelapa, cengkeh, pala, mente”sebut Maswan Laite salah seorang petani kelapa di Desa Luok Kecamatan Balantak, Rabu(22/11/2023).

Ia mengatakan petani mulai melakukan panen kelapa di mulai sejak Oktober hingga sekarang untuk diolah menjadi kopra dan dipasarkan di Luwuk.

“Harga kopra saat ini berada dalam kisaran harga 700 hingga 800 ribu per 100 Kilogram dipasar lokal”Ungkapnya.

Sementara itu, panen cengkeh 2023  cukup banyak dibanding tahun sebelumnya saat ini dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dari satu pohon yang berumur 10 sampai 15 tahun  bisa mencapai 50 liter  cengkeh basah. Sedangkan di tahun 2022 cengkeh tidak terlalu banyak berbuah seperti saat ini”ungkapnya.

Menurut dia, kurangnya buah cengkeh pada tahun 2022 diduga karena curah hujan yang tinggi sementara tahun 2023 panas cukup panjang.

“Kami bersyukur panen  cengkeh tahun ini bisa banyak dengan kisaran harga cengkeh saat ini mencapai Rp.135 ribu perkilo”ujarnya bahagia.

Komoditi lainnya seperti Pala harga Rp.45 ribu per kilo sedangkan fulinya berada pada kisaran harga Rp.120 ribu perkilo. Biji mente berada pada kisaran harga Rp.18 ribu perkilo.

Pos terkait