UIN Datokarama-Pemkab Morut Sinergi Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama  

  • Whatsapp
UIN Datokarama-Pemkab Morut Sinergi Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama. (Bulletin/Foto:Ist)

MORUT,BULLETIN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Pemkab Morut) bersinergi meningkatkan kerukunan umat beragama di daerah tersebut.

Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir, dihubungi dari Kota Palu, Ahad, mengemukakan bahwa perguruan tinggi yang dipimpinnya membuka diri untuk bersinergi dengan multi pihak, dalam rangka mengoptimalkan peran dan kontribusi UIN Datokarama terkait pembinaan masyarakat dan pengembangan daerah.

“Kali ini UIN bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara, untuk menopang pembangunan daerah di dalamnya termasuk pembinaan kerukunan umat beragama,” kata Profesor Lukman S Thahir.

Pembinaan masyarakat dengan tujuan untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas kerukunan umat beragama, dilakukan dengan kerangka moderasi beragama. 

Moderasi beragama mengandung empat indikator meliputi komitmen kebangsaan, anti-kekerasan,  toleransi, dan penerimaan terhadap kearifan lokal atau budaya lokal.

Dalam kerangka ini, ujar Profesor Lukman, UIN Datokarama akan melakukan riset di Kabupaten Morowali Utara mengenai pemahaman  dan pengamalan empat indikator tersebut dalam kehidupan sosial keagamaan, berbangsa dan bernegera, dalam bingkai kemajemukan.

“Riset ini untuk mengukur sejauh mana pengamalan empat indikator tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dalam bingkai kemajemukan,” sebutnya.

Hasil dari riset tersebut, kata dia, ditindak lanjuti dalam kerangka seminar, lokakarya, dan fokus group diskusi, yang selanjutnya melahirkan rekomendasi untuk menjadi landasan kebijakan pemerintah daerah.

“UIN dan Pemerintah Kabupaten Morowali Utara akan bersama – sama melakukan intervensi secara terpadu dan berkelanjutan,” ujarnya.

Di samping itu, UIN Datokarama juga akan melakukan riset terkait masalah kemiskinan, stunting, dan penyelenggaraan pendidikan daerah. 

Bupati Morowali Utara Delis J Hehi merespons positif UIN Datokarama Palu dalam pembinaan masyarakat di daerah yang dipimpinnya.

Berita Pilihan :  Perpustakaan SSB Sigi Lulus Nominasi Terbaik 2024, Wakili Sulteng di Tingkat Nasional 

Bupati Morowali Utara Delis telah bertemu dengan Rektor UIN Datokarama Profesor Lukman S Thahir dan berdiskusi mengenai program – program pembangunan sumber daya manusia.

Pos terkait