UIN Datokarama-Kemenag Sineri Gelar Doa Bersama Untuk Palestina 

  • Whatsapp
Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Datokarama Doktor Hamlan. (Bulletin/Foto:ist)

PALU,BULLETIN.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama bersinergi dengan Kementerian Agama menggelar doa bersama untuk Palestina, sebagai bentuk dukungan terhadap perjuangan rakyat Palestina.

“Doa bersama ini merupakan satu rangkaian kegiagan Hari Amal Bhakti,” kata Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan UIN Datokarama Doktor Hamlan, di Palu, Selasa.

Kata Hamlan, UIN Datokarama dalam peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama tahun 2024 menggelar berbagai kegiatan, salah satunya yakni dzikir awal tahun dan doa bersama untuk Palestina.

“Doa bersama untuk Palestina merupakan kegiatan Kementerian Agama dan UIN Datokarama ikut menyukseskan kegiatan tersebut,” ujar Hamlan.

Di samping doa bersama, kata Hamlan, UIN Datokarama dalam memperingati HAB Ke-78 Tahun 2024, juga melaksanakan ziarah makam pembawa Islam di Sulteng Habib Idrus Bin Salim Aljufri (Guru Tua) dan Syekh Abdullah Raqie atau Datokarama. 

Guru Tua dan Datokarama dikenal oleh masyarakat sebagai tokoh pembawa ajaran Islam di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, ujar Hamlan, ziarah makam dua tokoh tersebut akan diikutkan dengan pembacaan doa untuk dua tokoh tersebut.

“Hal ini salah satu tujuannya untuk mengenang jasa dua tokoh tersebut,” ujarnya.

Ia menguraikan, UIN Datokarama juga menyelenggarakan expo yang memuat berbagai kegiatan di antaranya domino (gaple), bulu tangkis, tenis meja, takraw, futsal, pop solo, karaoke. 

HAB Ke-78 Kementerian Agama tahun 2023 mengusung tema Indonesia hebat bersama umat. Tema ini, kata Doktor Hamlan, menjadi satu komitmen Kementerian Agama dalam meningkatkan pelayanan kepada umat beragama.

“Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia hebat,” kata Hamlan.

Berita Pilihan :  11 Anak Binaan di LPKA Palu Sukses Raih Ijazah Pendidikan Kesetaraan

Pos terkait