Penyandang Disabilias Salurkan Hak Suara

  • Whatsapp
salah satu penyandang disabilitas di balai centra Nipotowe usai melakukan pencoblosan surat suara. (Bulletin/ Foto : Indra)

PALU, BULLETIN.ID – Sebanyak empat orang penyandang disabilitas dan satu lansia di balai sentra Nipotowe di Palu turut menyalurkan hak pilihnya pada pemilu tahun 2024. (14/02/2024). Keterlibatan kelompok rentan ini mencerminkan semangat pesta demokrasi untuk semua golongan.

Meski demikian, namun ada yang berbeda dari pemilih di balai centra Nipotowe, jika para peserta pemilu yang mendatangi TPS untuk melakukan pencoblosan, maka di tempat ini petuigas KPPS yang langsung mendatangi para kaum disabilitas di tempat ini, dimana para penyandang disabilitas menjadi prioritas khusus.

“empat orang disabilitas dan satu lansia yang ada di sentra Nipotowe sumuanya merupakan pemilih yang masuk dalam Daftar pemilih tambahan (DPTb) atau pemilih yang pindah memilih” Kata salah satu petugas KPPS Faradillah.

Sementara itu Kepala Sentra Nipotowe , Yadi Muchtar, mengatakan bahwa saat ini sebanayuk 20 orang yang menghuni centra Nipotowe yang saat ini adalah penghuni mobile tergantung pada pelatihan yang diterima. Namun beberapa penghuni lainnya memilih untuk pulang.

Proses pemungutan suara untuk penyandang disabilitas tersebut turut didampingi oleh kepala Sentra Nipotowe, petugas KPPS dan petugas kepolisian.

Berita Pilihan :  Kakanwil Kemenkumham Sulteng Dorong Perlindungan Hukum Produk Usaha Ekraf di Sigi

Pos terkait