Warga Serbu Beras Murah di Marawola

  • Whatsapp
Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng merespon mahalnya harga beras dengan menggelar operasi pasar yang berlangsung di Marawola, Kamis (29/02/2024).(Bulletin/Foto:Ist)

SIGI, BULLETIN.ID –  Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulteng merespon mahalnya harga beras dengan menggelar operasi pasar yang berlangsung di Marawola,  Kamis 29/02/2024.

Sebanyak 3 ton beras yang disiapkan oleh Dinas Ketahanan Pangan yang bekerjasama dengan Bulog Sulteng, ludes dalam 3 jam. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulteng, Iskandar Nongtji mengatakan, operasi pasar atau Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digagasnya adalah untuk merespons keluhan warga tentang naiknya harga beras. 

Dinas yang dipimpinnya ungkap Iskandar,terus  mengikuti dan mendengar keluhan warga tentang harga beras tersebut. Ia mengaku, turun ke pasar-pasar tradisional  yang ada di Kota Palu, Sigi dan Donggala serta memantau pergerakan harga beras di daerah-daerah. Dari situ ditentukan cara intervensi pasar.

 ‘’Untuk hari ini kami bersama Bulog melakukan pasar murah di Marawola,’’ jelas Iskandar.

Ia mengatakan, tak hanya kali ini,  beberapa waktu kedepan pihaknya akan terus melakukan kegiatan yang sama, untuk memastikan agar warga tidak resah dengan kenaikan beras saat ini. Fenomena naiknya harga beras menurut dia, adalah fenomena yang terus berulang menjelang bulan puasa. 

Ibu Syeni warga Desa Beka kepada wartawan mengaku sangat terbantu dengan pasar murah ini. Beberapa hari terakhir ini ia disibukkan menjelajah beberapa pasar, namun tidak mendapatkan beras dengan harga seperti bulan sebelumnya. ‘’pas dibilang tetangga ada pasar murah saya langsung kesini,’’ katanya.  Ibu Syeni membeli 10 kilogram dan beberapa kebutuhan dapur.  

Pada GPM kali ini, warga mendapatkan gula dengan harga murah Rp13.000 per kilo gram dan minyak goreng seharga Rp11.000 per kilogram. Pemantauan di sejumlah pasar tradisional di Palu dan Sigi, harga beras dengan kualitas standar, mencapai Rp15.000 – Rp17.000 per kilogram. 

Menghadapi bulan Ramadhan, Dinas Ketahanan Pangan Sulteng kembali akan menggelar Gerakan Pangan Murah pada 5 -6 maret mendatang di Kelurahan Bayoge Palu.

Pos terkait