KPU Sulteng Selesaikan Rekapirtulasi Perhitungan Suara di 12 Kabupaten/Kota

  • Whatsapp
rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara tingkat provinsi serta penetapan hasil pemilu serentak tahun 2024. (Sabtu/09/-3/2024). (Bulletin/Foto:Indra)

PALU, BULLETIN.ID –  komisi pemilihan umum (KPU) Sulteng  telah menyelesaikan hasil rekapitulasi penghitungan dan perolehan suara Tingkat provinsin pemilu tahun 2024 di 12 kabuapaten/kota  di Sulteng.

Komisioner KPU Sulteng Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Christian Adiputra Oruwo mengatakan bahwa kabupaten yang belum selesai adalah kabuapten Morowali.

“untuk morowali hari ini informasi terakhir tinggal 9 TPS lagi di kecamatahn bohodopi yang tidak singkron antara jumlah suarat suara yang diterima laki-laki perempaun, tapi kalau perolehan hasilnyan itu tetap sama ” kata kimisioner KPU Christian.

Ia menuturkan bahwa kabupaten yang telah selesai trekapitulasi perolehan jumlah sauara adalah KPU kabupaten Tojo Una-Una, KPU kabupaten Poso, KPU Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), KPU kabupaten Banggai, KPU Kabupaten Banggai Laut (Balut) dan KPU Kabupaten Morowali Utara (Morut), kabupaten toli-toli, KPU Kota Palu, KPU kabupaten Donggala, KPU Kabupaten Sigi serta KPU kabupaten Parigi Moutong.

Christian juga menuturkan bahwa untuk rekapitulasi nasional akan berakhir pada tanggal 20 maret , kemudian pasca penetapan suara nasional akan dilakukan pada tanggal 24, dimana masa 3 hari adalah kesempatan untuk partai politik mengajukam sengketa di MK.

“kalau tidak ada sengketa berarti tanggal 24 itu sudah dilakukan penetapan kursi calon terpilih dan kursi, jadi teman-teman kabupaten kota Ketika tidak ada gugatan MK sudah bisa melakukan penetapan calon terpilih dan kursi” pungkasnya.

Pos terkait