Sulteng Raih Berbagai Penghargaan di Utsawa Dharma Gita Nasional di Solo

  • Whatsapp
Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil meraih berbagai penghargaan pada acara Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional XV 2024 yang digelar di Solo, Jawa Tengah 8-12 Juli 2024.

PALU, BULLETIN.ID – Kontingen Sulawesi Tengah (Sulteng) berhasil meraih berbagai penghargaan pada acara Utsawa Dharma Gita (UDG) Tingkat Nasional XV 2024 yang digelar di Solo, Jawa Tengah 8-12 Juli 2024. 

“Ada 51 putra putri terbaik se-Sulteng yang ikut serta pada UDG tahun ini, mereka mengikuti seluruh cabang lomba yang terdiri 32 lomba,” kata I Nyoman Sujaya, pembimas Hindu Sulteng dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/07/2024). 

Kontingen Sulteng mendapat enam penghargaan pada keikutsertaan UDG tahun ini. Yang terbaik adalah Berhasil meraih juara 2 menghafal sloka kategori dewasa putra yang diraih pemuda asal kabupaten Banggai. 

Selain itu, Sulteng mendapat penghargaan harapan 1 dharmawacana dewasa putra (kota Palu), harapan 3 menghafal sloka remaja putri (Kabupaten Donggala), harapan 3 menghafal sloka dewasa putri (kab. Poso) harapan 3 membaca sloka anak putri (kab. Poso) dan harapan 3 palawakya remaja putri, (kab. Parigi Moutong). 

“Saya mengucapkan terima kasih dan kebanggaan untuk perjuangan kontingen Sulteng. Hasil tahun ini tentunya harus jadi catatan untuk bisa lebih baik lagi pada even berikutnya,” kata Sujaya. 

Diketahui puluhan peserta dari Sulteng dikawal langsung oleh ketua Kontingen Sulteng, I Made Wiranadi, dan ketua Lembaga Pengembangan Dharma Gita, Made Sukarta. 

I Made Wiranadi berharap, pemerintah daerah selalu mendukung kegiatan UDG baik di tingkat Kabupaten, provinsi hingga nasional.  Apalagi, kata dia, sastra maupun ajaran suci umat Hindu juga punya peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter dan kepripadian yang kuat bagi kader penerus bangsa. 

UDG diketahui event tiga tahunan yang bertujuan meningkatkan pemahaman, penghayatan, pengamalan ajaran kitab suci Weda dan susastra Hindu untuk memperkokoh karakter bangsa. Tahun ini ada sebanyak 1561 peserta dari berbagai provinsi se tanah air yang ikut serta. (***)

Berita Pilihan :  Aparat Kepolisian Perketat Pengamanan Senam Zumba Party “BERANI” 

Pos terkait