Zainal Ahmad Resmi Jabat Ketua Pengadilan Negeri Parigi 

  • Whatsapp
Zainal Ahmad bersumpah di atas kitab suci alquran saat mengikuti pengambilan sumpah dan serah terima jabatan sebagai Ketua Pengadilan Negeri kelas II Parigi menggantikan ketua terdahulu Yakobus Manu di ruang sidang Pengadilan Tinggi Sulawesi Tengah di Palu, Selasa (13/8/2024).(Bulletin/Foto:Ist)

PARIGI, BULLETIN.ID – ZAINAL Ahmad secara resmi dilantik sebagai Ketua Pengadilan Negeri (PN) Parigi kelas II dalam sebuah upacara pengambilan sumpah dan serah terima jabatan yang dilangsungkan di Pengadilan Tinggi (PT) Sulawesi Tengah, Palu, Selasa (13/8/2024). Sebelumnya, Zainal menjabat sebagai Wakil Ketua PN Bangkalan, Madura.

Dalam upacara tersebut, Zainal menggantikan Yakobus Manu yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua PN Parigi kelas II. 

Pengambilan sumpah dan serah terima jabatan ini dipimpin Ketua PT Sulteng, Nirwana. 

Nirwana berharap, Zainal dapat menjaga integritas dan kekompakan dalam menjalankan tugasnya di PN Parigi kelas II.

“Kami berharap Pak Zainal dapat bekerja sama dengan baik dengan seluruh penegak hukum di wilayah Parigi Moutong, sebagaimana yang telah dilakukan oleh pendahulunya. Selain itu, penting juga untuk menjaga hubungan harmonis dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Parigi Moutong,” ujarnya.  

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Parigi Moutong, Nirwana menekankan, pentingnya integritas dan independensi dalam menjalankan tugas sebagai ketua PN. 

“Sebagai warga pengadilan, kita terikat oleh kode etik yang harus dijaga. Oleh karena itu, integritas dan independensi harus menjadi prioritas utama,” tegasnya. 

Nirwana juga mengingatkan, agar Zainal untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang mencari keadilan. 

“Jangan sampai ada berkas yang tertunda di pengadilan. Setiap pemohon harus dilayani dengan baik dan cepat,” imbuhnya. 

Setelah dilantik, Zainal Ahmad menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kedua orang tuanya yang hadir meskipun harus menempuh perjalanan jauh dari Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Ia juga mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat dari masyarakat Sulteng khususnya masyarakat Parigi Moutong. 

Berita Pilihan :  Transformasi Puskesmas dan Inisiatif Kesehatan Palu Ditekankan dalam Acara HMI

“Insya Allah, kami siap melanjutkan legasi dari Pak Yakobus dan menjaga amanah yang telah diberikan,” ungkapnya.

Zainal menekankan pentingnya kekompakan di lingkungan PN Parigi. 

“Kekompakan memang harus tetap dijaga, dan harapannya semoga kita bisa terus meningkatkan kekompakan itu,” tandasnya.

– Profil Singkat Zainal Ahmad

Zainal Ahmad menyelesaikan studinya pada tahun 1998 di Fakultas Hukum Universitas Tadulako. Setelah lulus pada tahun 2005, ia empa menjadi wartawan di Harian Umum Mercusuar. 

Setelag itu, ia memulai karirnya sebagai calon hakim di Pengadilan Negeri Kendari. 

Selanjutnya, ia diangkat menjadi hakim di Pengadilan Negeri Tolitoli, kemudian bertugas di Pengadilan Negeri Andoko, Pengadilan Negeri Raha, dan Pengadilan Negeri Bojonegoro. Sebelum dilantik menjadi Ketua Pengadilan Negeri Parigi Kelas II, Zainal Ahmad menjabat sebagai Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bangkalan.

Dengan pengalaman panjangnya di dunia peradilan, diharapkan Zainal Ahmad dapat membawa Pengadilan Negeri Parigi Kelas II ke arah yang lebih baik, menjaga integritas, serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. (*)

Pos terkait