Ahmad Ali: UMKM Penopang Ekonomi Daerah, Pemerintah Harus Siapkan Pasar

  • Whatsapp
Ahmad Ali menegaskan agar pemerintah daerah mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjaga dan menopang ekonomi daerah.(Bulletin/Foto:Tim Ahmad Ali)

PALU, BULLETIN.ID – Ahmad Ali menegaskan agar pemerintah daerah mendorong pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjaga dan menopang ekonomi daerah.

Bukan hanya ekonomi daerah, UMKM bahkan mampu menjaga stabilitas ekonomi skala nasional. Olehnya, pemerintah daerah pun harus menjadikan sektor ini sebagai salah satu program utama dalam upaya meningkatkan ekonomi kemasyarakatan yang dapat berdampak secara multiple effect.

“Karena UMKM itu sektor yang sangat fatal dalam menjaga atau menopang ekonomi daerah,” ungkap Ahmad Ali, Kamis 15 Agustus 2024.

Peranan UMKM, kata dia, dapat memeratakan pertumbuhan ekonomi masyarakat, sehingga sektor ini yang seharusnya diperhatikan oleh pemerintah.

Beberapa tahun belakangan pertumbuhan ekonomi Sulawesi Tengah selalu masuk kategori tertinggi secara nasional dengan angka dua digit, namun hal itu tidak disertai dengan penurunan angka kemiskinan yang signifikan.

Hal ini lantaran sektor yang mendorong pertumbuhan ekonomi daerah lebih banyak ditopang oleh industri padat modal, seperti pertambangan, yang dampaknya tidak begitu signifikan untuk pemerataan ekonomi masyarakat.

Olehnya, Ahmad Ali mendorong agar pemerintah lebih fokus pada upaya peningkatan ekonomi sektor-sektor UMKM.

“Tambang tidak perlu kita urusi, itu ranah pemerintah pusat. Yang perlu kita kembangkan salah satunya adalah UMKM. Pemerintah harus siapkan modal dan pasar untuk UMKM, agar mereka bisa lebih berkembang dan meningkatkan sumber pendapatan masyarakat,” katanya.

UMKM merupakan bagian perekonomian yang mandiri dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sektor ini diyakini dapat menentaskan angka kemiskinan.

“UMKM juga bisa menjadi lapangan kerja baru. Jadi kita harus mendukung pertumbuhannya,” jelas Ahmad Ali. *** 

Berita Pilihan :  Bakal Cuti Untuk Pemilihan Kepala Daerah, Hadianto Pamit Ke Padat Karya 

Pos terkait