Pemprov Sulteng serahkan bonus atlet peraih medali PON XXI Aceh-Sumut

  • Whatsapp
Penyerahan bonus atlet dilakukan secara simbolis yang dirangkaikan dengan pembubaran Satgas Kontingen PON Sulteng, dan juga merupakan bagian dari acara lepas sambut Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto kepada Brigjen TNI Dedy Gunawan. Rabu (2/10/2024). Foto:Amalia

PALU, BULLETIN.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyerahkan bonus kepada atlet peraih medali Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan serta kerja keras mengharumkan nama daerah.

“Pemusatan latihan daerah (Puslatda) bagi para atlet PON Sulteng yang dilaksanakan di Yonif 711 Raksatama ternyata terbukti ampuh membakar semangat, dan kedisiplinan para atlet untuk mengharumkan nama Provinsi Sulteng,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Sulteng Rudi Dewanto, di Palu, Rabu malam.

Ia mengatakan Puslatda ala militer ini merupakan faktor kunci sehingga Kontingen Provinsi Sulteng berhasil mencapai posisi ke-18 klasemen perolehan medali PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan total 35 medali.

Pada PON 2024, kata dia, Provinsi Sulawesi Tengah berhasil mengukir sejarah baru dengan memperoleh 35 medali, yang terdiri atas delapan medali emas, tujuh medali perak dan 20 medali perunggu.

Adapun pada kesempatan itu, nominal bonus yang diberikan kepada para atlet yakni Rp500 juta untuk emas, Rp300 juta untuk peraih medali perak dan Rp150 juta untuk perunggu.

Terlebih, kata dia, pencapaian medali pada PON 2024 ini jauh melampaui perolehan medali pada PON sebelumnya, dan merupakan sebuah prestasi membanggakan bagi provinsi ini.

Pada PON Jawa Barat 2016, Provinsi Sulteng hanya menduduki peringkat 32 dari 34 provinsi dengan perolehan total 11 medali, yakni empat medali perak dan tujuh medali perunggu.

Kemudian pada PON Papua 2021, Sulteng berada pada peringkat ke-29 dengan total 12 medali, yang terdiri atas satu emas, lima perak, dan enam perunggu.

Berita Pilihan :  Pemerintah Kota Palu Teguhkan Komitmen Pancasila pada Hari Kesaktian 

“Berkaitan dengan hal ini, kami segenap masyarakat Sulawesi Tengah dan komponen pemerintah menyampaikan terima kasih kepada Brigjen TNI Dody Triwinarto dan jajaran yang di bawah kepemimpinannya telah menempa fisik dan mental-mental para atlet Sulteng,” katanya.

Penyerahan bonus atlet dilakukan secara simbolis yang dirangkaikan dengan pembubaran Satgas Kontingen PON Sulteng, dan juga merupakan bagian dari acara lepas sambut Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto kepada Brigjen TNI Dedy Gunawan.

Sementara itu, Pejabat lama Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Dody Triwinarto yang juga selaku Ketua Satgas Kontingen PON Sulteng menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung atas pencapaian baru Provinsi Sulteng.

“Kepada rekan-rekan atlet, kalian tidak hebat kalau tidak bisa mempertahankan dan meningkatkan sejarah ini dalam empat tahun ke depan. Kalian harus bangga apabila prestasi anda meningkat,” ujarnya.

Ia berpesan kepada para atlet Sulteng untuk terus menjaga konsistensi dan mencetak kader-kader atlet dengan semangat juang tinggi untuk sejarah baru lainnya bagi Provinsi Sulteng.***

Pos terkait