Bersiap, Kejuaraan Balap Sepeda “Tour de Banggai II” Segera Digelar

  • Whatsapp
Kejuaraan balap sepeda ‘Tour de Banggai” II tak lama lagi akan segera digelar di bulan Juli tahun 2023.(Foto:ist)

PALU,BULLETIN.IS – Kejuaraan balap sepeda ‘Tour de Banggai” II tak lama lagi akan segera digelar di bulan Juli tahun 2023. Event ini diketahui sukses digelar pada tahun 2021 lalu sebagai ajang penjaringan atlet sekaligus mengenalkan keindahan alam Kabupaten Banggai. 

Effendy Syamsul, salah satu penggagas iven Tour de Banggai II menuturkan, kejuaraan bakal digelar pada tanggal 15 Juli 2023. Kegiatan turut dilakukan dalam rangka memperingati HUT Banggai ke-65. 

“Rencana iven ini sebelumnya kami telah sampaikan kepada pemerintah Banggai, Alhamdulillah baik Bupati Banggai, Amiruddin Tamoreka beserta Forkompimda mendukung penuh kegiatan tour de Banggai II,” kata Effen sapaan akrabnya saat ditemui di Palu, Selasa (06/06/2023). 

Dijelaskan Effen, peserta nantinya akan melewati rute sejauh 100 Km. Jika sebelumnya jalur mengambil start dari kecamatan Toili menuju ke Kota Luwuk, tahun ini akan dilakukan sebaliknya. Peserta akan disuguhkan keindahan alam Kabupaten Banggai yang pernah meraih penghargaan adipura. Selain itu peserta akan melintasi sejumlah perusahan di daerah tersebut. 

Adapun kejuaraaan, kata Effen, bersifat terbuka dan akan mempertandingkan sejumlah nomor di kelas Road Bike (RB) mulai dari Men Open, Women Open, hingga Elite.  “Jika tahun lalu hadiahnya kurang lebih Rp 10 Juta, maka tahun ini panitia menyiapkan hadiah Rp 15 juta,” ungkap Effen. 

Effen menambahkan, iven ini tak hanya mengenalkan keindahan alam kabupaten Banggai, tetapi menjaring talenta atlet sepeda di Sulteng menuju babak kualifikasi PON 2024.

Berita Pilihan :  Tim Voli Putra Sulteng Optimis Masuk Empat Besar di PON Aceh-Sumut XXI 2024

Pos terkait