Muhammad J Wartabone : Wukuf di Arafah Bentuk Meraih Kesempurnaan Haji

  • Whatsapp
Muhammad J Wartabone : Wukuf di Arafah Bentuk Meraih Kesempurnaan Haji

MEKKAH,BULLETIN.ID-  Wukuf di Padang Arafah adalah salah satu rukun dalam ibadah haji yang harus dilakukan oleh seluruh jemaah haji. Arab Saudi menetapkan wukuf di Arafah dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2023 berdasarkan keputusan sidang isbat Arab Saudi yang menetapkan tanggal 9 Zulhijjah 1444 H jatuh pada tanggal tersebut.

“Berdasarkan sidang isbat diputuskan Insya Allah tanggal 9 Zulhijjah jatuh pada tanggal 27 Juni 2023,” tandas Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Mekkah, Khalilurrahman.

Ketika wukuf, jemaah haji hanya berdiam di area wukuf (mauqif) dan tidak boleh keluar. Saat berdiam diri, jemaah haji dianjurkan untuk berdoa dan melakukan sejumlah ibadah lainnya saat pelaksanaan wukuf berlangsung.

Wukuf dimulai azan kemudian dilanjutkan khutbah wukuf, lalu salat jamak takdim Zuhur Ashar di jamak qashar dengan masing masing 2 rakaat. Jemaah pun disarankan berdoa, bisa dilakukan berjemaah dan yang lainnya mengamini.

Terkait dengan hal tersebut, anggota DPD RI yang juga merupakan Ketua Umum Persaudaraan Indonesia Berdzikir, Muhammad J Wartabone memohon Do’a Restu dan Ridho kepada keluarga, kerabat, tetangga, sahabat, kawan dan semuanya yang akan menjalankan Wukuf di Arafah pada Selasa, 09 Dzulhijjah 1444 H atau 27 Juni 2023 bersama umat Islam lainnya untuk menunaikan ibadah haji. 

“Mohon maaf lahir batin atas segala kekhilafan. Semoga dalam menjalankan ibadah ini, Allah Subhanahu wa ta’ala memberi kemudahan, pertolongan, keselamatan, dan menerima amal ibadah kita semua,” ujar Muhammad J Wartabone.

اَللّٰهُمَّ اجْعَلْ حَجَّنَاحَجًّامَبْرُوْرًا، ،وَسَعْيَنَاسَعْيًامَشْكُوْرًا، وَذَنْبَنَاذَنْبًامَغْفُوْرًا، وَعَمَلَنَاعَمَلًاصَالِحًا
مَقْبُوْلًا، وَتِجَارَتَنَاتِجَارَةً لَنْتَبُوْرَ،

“Ya Allah jadikanlah kami haji yang mabrur. umroh kami yang mabrur, sa’i kami yang disyukuri. dosa kami yang engkau ampuni. Amal shaleh kami yang Engkau terima dan perdagangan kami perdagangan yang tidak merugi. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui apa yang ada di dalam hati kita, keluarkan kami dari kegelapan ini menuju cahaya”.

Muhammad J Wartabone berharap ibadah yang merupakan puncak haji ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh semua jemaah haji dan umat Islam di seluruh dunia.

“Wukuf di Padang Arafah adalah salah satu rukun dalam ibadah haji yang harus dilakukan oleh seluruh jemaah haji. Semoga Jemaah haji di seluruh dunia dapat menjadi haji yang mabrur,” harap Muhammad J Wartabone.

Pos terkait