8 Daerah Terkena Dampak El Nino, Sulteng Siaga Darurat  

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulteng, Nelson Metubun.

PALU,BULLETIN.ID – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Sulawesi Tengah, Nelson Metubun menyatakan saat ini Sulawesi Tengah berada pada status siaga  Darurat menyikapi situasi panas ekstrem yang terjadi akibat dari serangan El Nino yang berdampak di Indonesia.

Menurut Nelson Metubun Pemda Sulteng telah melakukan rapat lintas instansi yang dipimpin Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, dengan menetapkan status siaga darurat untuk Sulawesi Tengah dengan menitik beratkan pada sektor pertanian.

“Dua atau tiga hari kemarin, lewat Bapak Gubernur melakukan rapat lintas instansi, diantaranya menyatakan status siaga darurat untuk Sulawesi Tengah dengan menitikberatkan ke sektor pertanian,” ujar Nelson Metubun, usai meluncurkan aplikasi Si-Cermat di Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Palu, Kamis (12/10).

Ia menyebut ada 8 daerah dari 13 kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah saat ini  mengalami kekeringan sebagian. Karena itu Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulteng telah melakukan langkah-langkah antisipasi dampak dari El Nino bisa merugikan khususnya sektor  tanaman pangan.

“Kami sudah menyurat ke kabupaten/Kota menyesuaikan jadwal tanam dengan El Nino, lalu  menginstruksikan menanam varietas-varietas padi khususnya yang tahan terhadap kekeringan,” ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Sulteng, Nelson Metubun. 

Selain itu kata dia, mengaktifkan embung dan saluran-saluran air. Dan juga menyediakan benih 8000 sampai 10.000 ha untuk benih padi, 8000 hektar jagung dan 1000 hektar kedelai.Dan antisipasi terburuk bila pada batas waktu tertentu,akan membuat hujan buatan.

“Untuk mengantisipasi jika ada daerah yang terkena dampak El Nino,” tuturnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data, ada 8 daerah terdampak  El Nino, dengan mengantisipasi memberikan alsintan, pompa air benih dan lainnya.

Berita Pilihan :  Jasa Raharja Teken MoU Dengan BPJS Ketenagakerjaan 

Delapan daerah tersebut kata dia, diantaranya Kabupaten Tojo una-una, Banggai,Buol dan Parigi Moutong sebagian.

Dengan situasi tersebut, Nelson mengatakan untuk saat sekarang kondisi tanaman pangan Sulteng masih surplus.

“Kami berharap El Nino dampak secara nasional ini tidak memberikan efek terlalu signifikan terhadap tanaman kita di Sulteng,” harapnya.

Pos terkait