BAZNAS Sigi Salurkan Bantuan Ke Desa Sambo Terdampak Banjir

  • Whatsapp
BAZNAS Sigi Salurkan Bantuan Ke Desa Sambo Terdampak Banjir

SIGI,BULLETIN.ID – Bentuk kepedulian pada masyarakat yang terkena musibah, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sigi menyalurkan bantuan kebutuhan pangan berupa sembako, kepada warga Desa Sambo Kecamatan Dolo Selatan.

Ketua BAZNAS Kabupaten Sigi Hadi Wijaya Sabtu (14/10) mengatakan, belum lama ini masyarakat Desa Sambo tepatnya di Dusun VI, dilanda banjir akibat jebolnya tanggul sungai Sambo yang tidak dapat menampung debit air yang cukup besar.

Akibatnya, 14 rumah terendam banjir dan sekira 25 hektar sawah dan perkebunan juga terdampak. “”Air masuk ke rumah rumah warga sebatas betis dan akibatnya ada 16 Kepala Keluarga (KK) atau 57 jiwa harus mengungsi sementara di rumah rumah warga maupun keluarganya”kata Hadi.

Selain itu lanjutnya, juga ada balita dan Lanjut usia (Lansi) sesuai data yang diberikan oleh Camat Dolo Selatan Yahya A.Lansia, yang tentunya perlu perhatian dalam penanganan sementara untuk  kebutuhan yang diperlukan selama pengungsian.

Olehnya kata Hadi Wijaya, Program BAZNAS Peduli langsung bergerak cepat agar warga yang terdampak dapat tertangani sementara, dengan kebutuhan pangan yang diperlukan. “Tiga hari setelah kejadian BAZNAS langsung menurunkan bantuan, sehingga saudara saudara kita tidak merasa ada yang kekurangan atas kebutuhannya”ujar Hadi.

Bantuan sembako tersebut diantaranya berupa, beras 25 sak 5 Kg, minyak kelapa, ikan kaleng, puluhan telur, susu untuk balita, Supermi, roti, susu kaleng dan makanan bayi. Bantuan itu, langsung diterima oleh ketua RT setempat Sudirman, yang nantinya akan dibagikan pada warga.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih pada BAZNAS Sigi yang telah membantu warganya yang terdampak banjir.”Alhamdulillah kami ucapkan terimakasih pada BAZNAS yang sudah membantu warga kami yang terkena musibah banjir”kata Sudirman.

Berita Pilihan :  Dompet Peduli Amanatul Ummah Dukung Ops Madago Raya Cegah Penyebaran Paham Radikal 

Kembali Hadi juga mengucapkan terimakasih kepada Muzakki yang telah mempercayakan kepada BAZNAS sebagai lembaga resmi negara, dalam pengumpulan Zakat Infak dan Sedekah. Khususnya ASN lingkup Pemda Sigi yang selama ini telah melakukan pengumpulan ZIS ke BAZNAS Sigi, yang Insya Allah bantuan tersebut akan menjadi amal jariah.

“BAZNAS Sigi akan selalu amanah dan ZIS yang terkumpul dari ASN akan diberikan pada mereka yang benar benar berhak, baik sifatnya untuk kebencanaan maupun dalam pengembangan ekonomi serta mereka yang masuk dalam golongan delapan Asnaf”Terang Hadi.

Diketahui saat ini, belasan warga yang ada di dusun VI terdampak banjir, telah kembali ke rumahnya masing masing dan Pemda Sigi melalui dinas terkait, juga telah menurunkan alat berat untuk memperbaiki tanggung yang rusak. 

Pos terkait