Simulasi Pelipatan Kotak dan Surat Suara Pemilu 2024 Dimulai

  • Whatsapp
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah mulai melakukan simulasi pelipatan kotak suara dan surat suara, Senin (18/12/2023). (Bulletin/Foto:ist)

PALU,BULLETIN.ID – Untuk mempermudah tugas Panitia Pemungutan Suara (PPS), tenaga pelipat, dan penyortir saat memasukkan surat suara serta kebutuhan surat suara lainnya.Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah, kini memulai simulasi pelipatan kotak  dan surat suara untuk Pemilu 2024, pada Senin (18/12/2023).

Ketua KPU Kota Palu, Idrus, menjelaskan bahwa pelipatan dimulai dari kotak suara daerah pemilihan (dapil) 3, dengan perakitan kotak suara yang didasarkan pada kelurahan. Setelah perakitan, kotak suara akan diatur sesuai dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan diberi tanda pembatas.

“Setelah pelipatan kotak suara, kami akan melanjutkan secara simultan untuk pelipatan surat suara. Dimulai dengan surat suara DPD RI, kemudian Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota,” ungkap Idrus.

Ia juga menambahkan bahwa kotak suara menggunakan bahan karton duplex yang memiliki ketahanan terhadap udara. Sementara itu perlengkapan lainnya akan dimasukkan ke dalam kotak suara setelah dibungkus dalam kemasan plastik.

Dalam waktu 1 jam, total surat suara yang telah dikumpulkan mencapai 175 buah kotak suara. Total keseluruhan kotak suara yang akan dirakit mencapai 5.376 buah kotak suara.

Ketua KPU Provinsi Sulawesi Tengah, Resvirenol, memberikan pesan agar perakitan kotak suara dilakukan dengan baik dan tanpa terburu-buru. Pihaknya menekankan pentingnya memeriksa kondisi kotak suara untuk memastikan sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan.

“Silahkan teman-teman petugas pelipat kotak suara bekerja dengan baik, begitu juga teman-teman yang ditugaskan menyortir, semoga dapat bertugas dengan baik,” ujar Resvirenol.

Proses pelipatan dimulai dari Kecamatan Palu Selatan dengan melibatkan delapan orang buruh. Evaluasi akan dilakukan pada sore hari untuk menilai seberapa efektif pelipatan kotak suara dalam jangka waktu tersebut.

Berita Pilihan :  Fadli Anang Diambil Sumpah PAW  Anggota DPRD Sulteng Masa Jabatan Tahun 2019-2024

“Hari ini merupakan simulasi awal untuk menentukan berapa banyak tenaga kerja yang diperlukan dan berapa lama pelipatan akan dilakukan. Kami menargetkan pelipatan akan berlangsung selama kurang lebih 2 minggu,” tambah Idrus.

Selain itu, KPU Kota Palu juga akan melakukan pengecekan ulang terhadap setiap kotak suara yang telah dilipat. Pemantauan berkala terhadap kondisi kotak suara yang telah dilipat juga akan dilakukan setiap pukul 17.00 Wita setiap harinya.

Saat ini Logistik Pemilu 2024, yang melibatkan pemilihan presiden (pilpres) dan legislatif (pileg), saat ini disimpan di Gedung Olahraga Siranindi, Jalan Moh Yamin, Kota Palu.

Pos terkait