Kaili Novangga Riding School Pusat Stable Equestrian Pertama di Sulteng

  • Whatsapp
Ketum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman, saat mengunjungi Stable Equesyrian di Sulteng.( ist)

PALU,BULLETIN.ID – Kaili Novangga Riding School  adalah pusat olahraga berkuda Equestrian pertama di Sulteng yang berada di Kompleks Perumahan Petobo Residence, Kota Palu.

Stable itu milik Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Sulteng Anjas Lamatata.

Dalam kunjungannya di palu Ketua umum  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman beserta jajarannya, menyempatkan diri berkunjung ke klub olahraga kuda Equestrian pertama di Sulteng itu.

“Semua yang besar dimulai dari hal kecil. Yang terpenting adalah ada yang memulai pembinaan olahraga di Sulteng,” kata Marciano mengapresiasi Anjas. 

Ia menekankan agar para pengurus pusat olahraga berkuda itu mengutamakan kesejahteraan kuda-kuda yang ada disana.

“Kesejahteraan kuda harus diperhatikan, dengan menyediakan beberapa fasilitas yang dibutuhkan,” sebut Marciano memberikan pesan.

Marciano sempat menyaksikan tiga  Atlit Berkuda Putri Sulteng,yang sedang latihan.

“Untuk atlet usia muda, mereka memiliki bakat yang baik. Kita harus mengantar mereka menjadi juara Equestrian dengan program pembinaan yang baik, kuda yang berkualitas, dan sarana prasarana cukup” ujar Marciano.

Stable pertama Sulteng tersebut memiliki lima ekor kuda, namun hanya tersedia dua kandang yang layak. 

Ketum KONI Pusat berpesan agar jumlah kandang layak ditambah dan bisa menambah jumlah kuda untuk para atlet berlatih. Disarankan menggunakan kuda eks Pacu berusia di atas 5 tahun dari Sulawesi Utara.

Meski begitu, diapresiasi juga semangat Kaili Novangga Stable memenuhi perlengkapan. 

Saddle yang digunakan didatangkan dari Cina berkat dukungan Atase Darat Indonesia Beijing Kolonel Kav I Gede Masa, yang dulu sempat dinas di Sulteng. 

Berita Pilihan :  Cabor Menembak Target Medali Emas Pada PON Aceh Sumut XXI 2024

“Kerja saling mendukung tersebut dapat membuat kualitas pembinaan olahraga lebih baik,” tutupnya.(***)

Pos terkait