Mundur Dari Anleg DPRD Morut, Jefinsa Putra A Mantap Bertarung di Pilkada Morut 2024

  • Whatsapp
Jefinsa Putra A atau yang lebih akrab disapa Bang Jeff. (Bulletin/Foto : Indra)

MORUT,BULLETIN.ID –  Belum genap lima (5) tahun menjabat sebagai anggota legislatif (Anleg) dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Morut, Jefinsa Putra A Kini Mantap Bertarung di Pilkada Morut 2024 mendatang.

Bang jeff sapaannya mengakubahwa kemudurannya tersebut semata-mata karena ingin memfokuskan diri untuk mengkuti pemilihan kepala daerah (pilada) 2024 mendatang.

Niatan untuk maju menjadi bakal calon Bupati Morut berawal dari diskusi di warkop. Namun pada pileg 2024, ia tetap terdaftar sebagai caleg DPRD Morut nomor urut 1 dari PKB.

Jeff mengklaim telah menyiapkap konsep pembangunan Morut di masa mendatang khususnya di sektor pariwisata.

Dirinya tak menampik bahwa Morowali Utara menjadi salah satu daerah penghasil nikel terbesar di Indonesia.

Akan tetapi, menurut Jeff, pertumbuhan industri pengolahan bijih nikel atau smelter sudah menjadi wewenang pemerintah pusat melalui Proyek Strategis Nasional (PSN).

“Yang mendasari saya untuk maju adalah konsep bagaimana untuk memajukan Morut ke depan, bukan berarti saat ini tidak baik. Saya ingin memaksimalkan potensi pariwisata di Morut. Tidak lagi bicara sektor industri yang sudah menjadi program nasional,” terangnya.

Jeff mencontohkan destinasi wisata Teluk Tomori. Namun tempat yang dianggap sebagai surga tersembunyi di Morut ini kerap dipenuhi sampah.

“Keindahannya tak bisa lagi dirasakan, dinikmati dan dihayati secara sempurna” kata bang jeff saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurutnya kabupaten morut memiliki segudang destinasi wisata yang jika dikelola dengan baik manafaatnya bisa langsung dirasakan oleh masayrakat sekitar.

Ia menjelaskan bahwa Dengan mengidentifikasi potensi destinasi, menentukan target pasar, meningkatkan kualitas layanan, memperkuat branding, melestarikan lingkungan, mengembangkan produk pariwisata yang beragam, meningkatkan aksesibilitas dan infrastruktur, membangun kemitraan dengan pemangku kepentingan lokal, dan mengimplementasikan sistem manajemen yang efektif dan efisien, destinasi pariwisata dapat mencapai kesuksesan jangka panjang.

“Ada beberapa situs di Teluk Tomori yang bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata, ada situs Tapak Tangan, Air Terjun Mataruttung dan lainnya. Teluk Tomori itu kelihatannya bersih, tetapi ketika diseberangi ternyata sampahnya banyak,” ujarnya.

Berita Pilihan :  PT Vale Bangun Akses Jalan Utara Buka  Konektivitas Desa Longori dan Huko-huko

Latar belakang politik Jefinsa Putra A

Perjalanan karir politik Jeffisa Putra Amrullah berawal dari secangkir kopi hingga mengantarnya duduk di kursi DPRD Kabupaten Morowali Utara (Morut), Sulawesi Tengah.

Pria akrab disapa Bung Jeff ini meyakini warung kopi (warkop) tak hanya sekedar menjadi tempat menyeruput kopi, melainkan juga sarana bertukar pikiran.

Lambat laun warkop kemudian menjadi ruang diskusi yang terus tumbuh dan mekar. Terlebih setiap perhelatan pemilu, penikmat kopi riuh berdiskusi maupun berdebat soal visi, misi, program dan kapabilitas figur-figur yang dicalonkan.

Saat pemilihan legislatif (pileg) Morut 2019, Jeff teringat dirinya sering dijuluki ‘caleg warkop’ dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Saya dulu dijuluki ‘caleg warkop’. Waktu pertama maju tahun 2019 itu memang kami rancang di warkop, siapa nih yang didorong itu maju. Dari diskusi dengan teman-teman meminta saya untuk maju. Jadi anak warkop lah yang ikut membantu,” ucapnya saat ditemui, Senin (22/1/2024).

Dalam proses pemilihan, Jeff berhasil terpilih sebagai Anggota DPRD Morut periode 2019 – 2024 daerah pemilihan (dapil) 1 yang meliputi Kecamatan Petasia, Petasia Barat dan Petasia Timur.

Namun belum genap 5 tahun menjabat, ia memutuskan mundur dari jabatannya. Sehingga warkop betul-betul menjadi tempat berawal dan berakhirnya karir Jeff sebagai legislator.

“Kurang lebih 4 tahun menjalani, saya berdiskusi lagi dengan teman-teman tentang kondisi DPRD. Jadi saya awali maju pileg dan mengakhirinya di warkop,” ungkap Jeff.

Mundur sebagai anggota legislatif, Jeff saat ini memantapkan diri untuk bertarung di Pilkada Morut 2024 mendatang.

Penulis indrawari Zainuddin

Pos terkait