Huabao Dan Masyarakat Gelar Bersih bersih Lingkungan di Tondo

  • Whatsapp
- Masih dalam momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat desa berkolaborasi dengan Huabao menggelar kegiatan bersih-bersih di Pemerintah Desa Tondo, Jumat (1/3/2024) (Bulletin/Foto:Ist)

MOROWALI, BULLETIN.ID – Masih dalam momen Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Desa bersama dengan masyarakat desa berkolaborasi dengan Huabao menggelar kegiatan bersih-bersih di Pemerintah Desa Tondo, Jumat (1/3/2024). 

Kehadiran PT Baoshuo Taman Industry Investment Group (BTIIG) atau yang dikenal dengan nama Indonesia Huabao Industrial Park (HUABAO) di Bumi Morowali Sulawesi Tengah diharapkan bisa terus memberikan dampak positif terhadap semuanya.

External Relations Manager Indonesia Huabao Industrial Park, Cipto Rustianto, mengatakan, “Kegiatan tersebut merupakan kegiatan penanganan sampah di Desa Tondo dengan berkolaborasi dengan pemerintah desa dan masyarakat di desa. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan khususnya penanganan sampah”.

Menurut Cipto, kegiatan ini merupakan bentuk edukasi juga terhadap masyarakat, bagaimana penanganan sampah yang baik, seperti : pemilahan sampah sesuai jenis, jumlah, dan/atau sifatnya; pengumpulan sampah ke tempat pengolahan residu; pengangkutan sampah dari tempat pengolahan residu ke TPA; pengolahan sampah dalam bentuk mengubah karakteristik, komposisi, dan jumlah sampah; dan pemrosesan akhir dalam bentuk pengembalian sampah dan/atau residu hasil pengolahan sebelumnya ke media lingkungan secara aman.

 “Ini salah satu tradisi masyarakat Morowali khusus nya Desa Tondo bersih-bersih di Masjid dan Areal pekuburan umum menjelang Ramadhan. Semoga ini menjadi contoh bagi desa-desa lain di area lingkar tambang” Kata Kepala Desa Tondo, Ramadhan Ponga

Hal senada diungkapkan Sekretaris Desa Tondo, Almubarak Mabir.

 “Kami berterima kasih kepada perusahaan yaitu Huabao yang mau berkolaborasi dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa terus berjalan setiap hari Jumat”.Tuturnya

Lebih lanjut  Almubarak mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah di lingkungan Desa Tondo ini di mulai dari Kantor Desa kemudian dilanjutkan di sekitar Pasar Tondo, lingkungan sekolah, masjid dan sekitarnya. Dimana kegiatan ini akan terus berlanjut setiap minggunya.

Berita Pilihan :  72 Duta Genre se Sulteng Upgrade Softskill Tentang Sosial Media Bareng BTIIG

Manajemen Huabao Park secara aktif hadir untuk memenuhi tanggung jawab sosial kepada masyarakat khususnya di tiga desa lingkar industri, rencananya perusahaan untuk tahap pertama akan mendonasikan stasiun sampah (bak sampah) dan Becak Motor Pengangkut Sampah. Huabao terus berkomitmen akan terus memperhatikan masalah penanganan lingkungan serta membantu membangun sinergitas antara masyarakat secara harmonis, bersama membangun lingkungan yang hijau dan indah,  serta menjadi energy baru untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Sementara itu, pengelolaan sampah di Indonesia dibagi menjadi dua, pertama yaitu pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dan kedua yaitu pengelolaan sampah spesifik. Pengelolaan sampah spesifik adalah tanggung jawab pemerintah, sedangkan pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga terdiri atas pengurangan sampah dan penanganan sampah, pengurangan sampah yang meliputi pembatasan timbulan sampah, pendauran ulang sampah, dan pemanfaatan kembali sampah. Dalam hal ini, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku usaha, dan masyarakat memiliki perannya masing-masing.

Tentang Huabao

Huabao adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Pengelolaan Kawasan Industri Berbasis Smelter Nikel yang berlokasi kerja di Desa Topogaro, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Indonesia Huabao Industrial Park merupakan bagian dari Zhenshi Holding Group, yang merupakan salah satu dari 500 perusahaan Tiongkok teratas, 500 perusahaan manufaktur Tiongkok teratas, 500 perusahaan swasta Tiongkok teratas, dan 100 perusahaan swasta jasa Tiongkok teratas. Zhenshi, yang terletak di Dataran Hang Jiahu di Delta Sungai Yangtze, adalah salah satu perusahaan percontohan reformasi saham gabungan pertama di Provinsi Zhejiang. Indonesia Huabao Industrial Park sebagai bagian dari Zhenshi Group bersama-sama berkomitmen akan menjadi yang terbaik di wilayah Asia dan terbaik di Indonesia.*** 

Pos terkait