Sekretariat DPRD Sulteng  Sosialisasikan P2 Pokir  DPRD Tahun 2025 Melalui Aplikasi SIPD RI

  • Whatsapp
Sekretariat DPRD Sulteng Sosialisasikan P2 Pokir DPRD Tahun 2025 Melalui Aplikasi SIPD -RI. (4/03/2024)

PALU –  Melalui Aplikasi SIPD -RI, Sekretariat DPRD Sulteng  Sosialisasikan P2 Pokir  DPRD Tahun 2025. Dalam sosialisasi tesebut sekretariat DPRD Sulteng menggandeng Kementerian Dalam Negeri  (Kemendagri) dan Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Sulteng. Senin (4/03/2024).

Dalam sambutannya sekretaris provinsi sulteng Novalina mengatakan bahwa sosialisasi P2 Pokir sangat penting dalam rangka menyamakan persepsi dan menyelaraskan dengan aturan dan program prioritas Rencama Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

“Semua program yang diusulkan harus selaras dengan program prioritas Pemprov Sulteng Tahun 2025,” kata Sekprov.

Untuk menyesuaikan program pemprov saat ini maka semua pokir harus direvisi dan kamus pokir juga harus disusun menyesuaikan program-program pemerintah Sulawesi Tengah.

Novalina juga menguraikan bahwa yang menjadi perhatian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam mengawasi pokir DPRD, antara lain pokir salah kamar, bukan kewenangan, dan banyak yang tidak terealisir karena persyaratan tidak lengkap.

“Misalnya jalan rusak di depan kantor gubernur dan harus diperbaiki, tapi itu bukan kewenangan provinsi, melainkan kewenangan kota. Sementara kota tidak ada anggaran. Maka pokir bisa masuk dalam bentuk hibah dan yang mengerjakannya pemerintah kota,” jelas Novalina.

Lebih lanjut ia mengatakan, sesuai edaran KPK, seluruh usulan pokir harus sesuai hasil reses dan disampaikan dalam RKPD Tahun 2025. Jika tidak ada di RKPD, kata dia, maka usulannya tidak bisa masuk.

Sosialisasikan P2 Pokir  DPRD Tahun 2025 dibuka oleh Sekprov Sulteng Novalina dan diikuti oleh seluruh OPD dijajaran Pemprov Sulteng, para Sekwan  dan para kasub program keuangan DPRD kabupaten/ kota Se Sulteng,  staf operator  pengimput Pokir serta para pejabat di jajaran Sekretariat DPRD Sulteng, Sekwan Sony,  kabag Fasilitasi Penganggaran dan Pengawasan Jois Sagita Novianti serta para pejabat fungsional lainnya

Dalam agenda tersebut yang menjadi narasumber adalah  analis perencana ditjend bina keuangan daerah Rino Rio Kent yang membawakan materi tentang mekanisme pokir  dan kabid  perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah  bappeda Sulteng Moh Rivan Burase serta Siti Rahmawati yang  memandu jalannya kegiatan sosialisasi  tersebut.(Nana)

Pos terkait