Yayasan Banua Amal Dukung Pencegahan Penyebaran Paham Radikal Dan Intoleran di Poso

  • Whatsapp

POSO, BULLETIN.ID – Yayasan Banua Amal Poso yang diketuai Ustadz Denny Dwiriyanto Santoso sekaligus sebagai pendiri Yayasan, yang beralamat di Jl. Pulau Nias, Lorong SMA Negeri 4 Poso, Kel. Kayamanya Sentral, Kec. Poso Kota, Kab. Poso, dimana Yayasan ini berdiri sejak bulan Maret 2023 dan memiliki izin legalitas operasional yakni:

“Dengan SK Notaris: No. 4 Tanggal 2 Maret 2023 dan SK Kemenkumham RI: Nomor AHU-0003966.AH.01.04 tahun 2023 serta; SK Kesbangpol: No.220/139/Kesbangpol/2023” Kata Deni

Pada Bulan suci Ramadhan tahun 2024, tepatnya pada tanggal 24 sampai dengan tanggal 25 Maret 2024, Yayasan Banua Amal Poso melakukan kegiatan Safari Ramadhan untuk Palestina, juga dilaksanakan melalui cabang Yayasan Banua Amal Kab. Tojo Una-una yang bekerja sama dengan Yayasan Galang Bersama Kami Kab. Tojo Una-Una, bertujuan sebagai bentuk kepedulian Palestina dengan melakukan penggalangan dana atau infaq untuk Palestina.

bersilaturahmi dan juga membentuk hubungan sesama umat manusia dan hubungan persatuan dalam ikatan kebangsaan, semua itu untuk lebih mempererat hubungan komunikasi dan kerjasama dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kab. Poso yang kini semakin kondusif, berterimakasih kepada pihak Kepolisian dari Satgas 1 Ops Madago Raya, yang sudah memberikan bantuannya untuk diberikan kepada anak-anak yatim-piatu melalui Yayasan Banua Amal Poso, tentunya bantuan tersebut sangat dibutuhkan oleh mereka dan semoga apa yang diberikan mendapatkan balasan pahala dari Allah S.W.T

Pihak Yayasan Banua Amal Poso selalu bersedia berkolaborasi dengan pihak pemerintah maupun pihak kepolisian dalam membangun, menjaga serta menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kab. Poso. Yayasan Banua Amal Poso memiliki Visi dan Misi yang merupakan landasan dari program kegiatan yang dilaksanakan. 

Adapun Visi dan Misi Yayasan Banua Amal Poso, yakni: 

• Visi:

Mewujudkan Lembaga yang unggul dan kompeten dalam melayani umat di bidang sosial kemanusiaan, ekonomi, dan keagamaan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkarakter dan berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Ajaran ilahi. 

Berita Pilihan :  YPS Naungan PT Vale Luncurkan Program Sekolah Unggulan Bertaraf Internasional

Misi:

Membangun pusat dakwah, sosial, pendidikan, ekonomi, yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat yang bersifat social oriented. 

Meningkatkan perhatian dalam dakwah yang berkualitas demi menuju masyarakat sejahtera, berkarakter dan berakhlak Qurani. 

Menyelenggarakan berbagai layanan sosial kemanusiaan dalam membantu pemberdayaan umat. Membangun ekonomi umat yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat demi terwujudnya ekonomi umat yang mandiri. 

Menyelenggarakan syiar keagamaan, membantu pembangunan tempat ibadah sehingga terciptanya umat yang mandiri dan sejahtera. 

Bidang Dakwah: 

Beberapa program dakwah dalam periode ini terbagi menjadi 2 (dua) bagian:  Program jangka panjang yaitu, safari dakwah dan tabligh akbar, tebar Qur’an, penyaluran dan pengumpulan ZIZ. 

Program jangka pendek yaitu, dakwah komunitas adalah program dakwah yang menyasar kepada komunitas-komunitas yang ada agar nilai-nilai dakwah bisa sampai kepada mereka dengan santun. Sedangkan buletin dakwah adalah program dakwah melalui tulisan ringan, santun dan mendidik yang menyasar kepada Masjid-Masjid untuk tersebarnya Islam yang Rahmatan Lil Alamin 

Bidang Ekonomi Usaha: 

Program jangka panjang yaitu, penanaman durian montong sebagai aset kemandirian yayasan kedepan. Sedangkan program jangka pendek yaitu, pelatihan skill untuk pengembangan SDM di lingkup ekonomi usaha, kemudian pemanfaatan lahan pertanian dengan melakukan penanaman tanaman palawija. 

Bidang Sosial Kemanusiaan: 

Lebih cenderung membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan seperti anak-anak yatim, mualaf dan guru-guru mengaji.

Sehingga dengan itu pihak Kepolisian dari Satgas 1 Ops Madago Raya menggandeng Yayasan Banua Amal Poso untuk membantu dan bekerja sama dalam membentengi masyarakat Kab. Poso terutama terhadap anak-anak didiknya dari pemahaman radikal, tindakan terorisme dan intoleran, apalagi hal tersebut salah satu tujuan dari Yayasan Banua Amal Poso

Pos terkait