Sekretaris DPRD Sulteng Identifikasi Penyebab Stunting Pada 3 Desa di Kabupaten Sigi

  • Whatsapp
Rapat Tindak Lanjut Program Terpadu Percepatan Penurunan Stunting Berbasis Perangkat Daerah Yang Ada di Kabupaten Sigi. Senin (6/05/2024).

PALU, BULLETIN.ID – Sekretaris DPRD Sulteng melakukan identifiasi faktor penghambat penurunan stunting di 3 wilayah di kabupaten sigi. 3 desa tersebut yakni Desa Valatana, Desa Baluase dan Desa Rogo.

Ke-3 Desa tersebut merupakan desa yang memiliki tingkat Prevalensi stunting yang paling tinggi khususnya di wilayah kabupaten Sigi.

Sekretaris DPRD Siti Rahmi Amir Singi mengatakan bahwa hasil dari identifikasi mengungkap bahwa salah satu faktor penyebab terjadinya stunting diwilayah tersebut adalah faktor kemiskinan, Masih tingginya tingkat pernikahan dini atau dibawah umur, Tingkat pendidikan masih sangat rendah, serta Pola hidup bersih dan sehat (PHBS) yang belum terlaksana dengan baik.

Sementara itu kebutuhan yang dianggpa paling mendesak untuk wilayah tersebut adalah mengenai MCK

“Desa Rogo membutuhkan 115 MCK, Desa Walatana membutuhkan 1 MCK, dan Desa Baluase membutuhkan 43 MCK, sehingga dalam hal tersebut penggunaan sarana air bersih dan MCK tidaklah memadai” kata sekwan

Sementara itu dari hasil esesment di lapangan mengungkap bahwa Keluarga yang berisiko stunting yang ada di Desa Rogo sejumlah 40 KK, Desa Walatana sejumlah 7 KK, dan di Desa Baluase sejumlah 25 KK.

Berita Pilihan :  Fadli Anang Diambil Sumpah PAW  Anggota DPRD Sulteng Masa Jabatan Tahun 2019-2024

Pos terkait