Kesbangpol Tanamkan Ideologi Pancasila di Lapas Anak

  • Whatsapp
Kesbangpol Tanamkan Ideologi Pancasila di Lapas Anak (Bulletin.id/ Foto: Wawa)

Bulletin.id, Palu – Kepala  Lembaga Pembinaan Khusus Anak (Ka LPKA) Kelas II Palu, Revanda Bangun, menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu, dalam mendampingi anak binaan di LPKA Palu, Selasa (18/10).

“Kami sangat berterima kasih atas kegiatan ini. Hal ini sangatlah penting buat kita semua untuk memberikan pembinaan kepada seluruh anak kita yang sedang berhadapan dengan hukum di LPKA Palu ini,” ujar Revanda di Aula Kantor LPKA Palu.

Perjanjian yang ditandatangani bersama Kepala Kesbangpol Kota Palu, Ansyar Sutiadi, dilaksanakan guna mendorong pembinaan pemahaman Pancasila, Nasionalisme, Wawasan Kebangsaan serta penguatan empat pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Bhineka Tunggal Ika kepada seluruh Anak Binaan di LPKA Palu.

Tidak hanya itu, melalui kesempatan yang turut disaksikan Kepala Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Palu, Baharuddin bersama Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Palu, Ismail Pangeran, Revanda juga berjanji akan senantiasa berupaya untuk mendukung segala program Pemerintah Daerah khususnya dalam pembinaan maupun pemenuhan hak kepada anak. 

Menurut Revanda, dengan adanya komitmen bersama tersebut, pihaknya akan menanamkan sikap bela negara dalam setiap anak.

“Kami akan terus mendukung program-program dari Pemerintah Daerah, kita harus bisa pastikan bahwa daerah memiliki banyak kader-kader pemimpin yang baik di masa depan, kita buat mereka mencintai negara maupun daerah ini, kita buat mereka jauh dari narkotika, radikalisme dan hal buruk lainnya,” tambahnya.

Seusai penandatangan PKS tersebut, Ansyar Sutiadi juga mengungkapkan rasa kesyukurannya dengan adanya komitmen bersama tersebut, dirinya pun mengutarakan berbagai rencana kerjanya kepada seluruh anak di LPKA Palu.

Berita Pilihan :  3  Produk Indikasi Geografis Sulteng Akan Dipamerkan di Kekayaan Intelektual Expo 2024

“Kami sangat bersyukur atas kerja sama ini. Kita harus bergerak bersama untuk memajukan daerah ini. Untuk mengawali kerja sama ini, terlebih dahulu kita berikan sosialisasi terkait empat pilar kebangsaan dan selanjutkan kita akan lakukan pembinaan pemahaman ideologi Pancasila kepada seluruh anak-anak kita disini. Kita akan berikan pembinaan secara sistematis, terstuktur dan masif,” tandas Ansyar.

Hal yang sama juga disampaikan Baharuddin. Ia berharap dengan adanya kerja sama tersebut, target penanggulangan bahaya tindak kejahatan Narkotika di Kota Palu, dapat berdampak pada turunnya jumlah pengguna dari barang haram tersebut, terlebih khusus pada usia remaja.

“Saya yakin dengan adanya kerja sama ini, kita bisa menurunkan jumlah kasus narkotika di Kota Palu,” tutur Baharuddin. (Bulletin.id/Wawa) 

Pos terkait