PT Vale Sumbang Rp 600 Miliar Setiap Tahunnya ke Pemkab Luwu Timur 

  • Whatsapp
Pj Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrullah Dan CEO dan Presiden Direktur Vale Indonesia Febriany Eddy. (Bulletin/Foto:Indrawati)

LUWU TIMUR, BULLETIN.ID – Kontribusi pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako dinilai sangat besar, setiap tahunnya PT Vale Indonesia menyumbang senilai kurang lebih Rp 600 miliar ke penerima asli daerah (PAD) Kabupaten Luwu Timur. Hal ini 

“Kontribusi dari Sorowako sangat cukup, sekitar Rp 600 miliar. Ini memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” kata Budiman di Tambang Nikel Vale Indonesia Sorowako, Minggu (4/08/2024)

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrullah mengatakan Vale Indonesia juga berperan dalam menjaga ekosistem lingkungan di tengah stigma negatif dunia pertambangan.

“Kami melihat bahwa setelah 56 tahun beroperasi, ekosistem di Danau Matano (area tambang Sorowako) tetap terjaga dengan baik. Ini menjadi contoh best practices dalam dunia pertambangan di Indonesia,” ujar Zudan.

Zudan juga menekankan pentingnya pemberdayaan masyarakat melalui sektor kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. 

“Kami berdiskusi panjang dengan Pak Budiman mengenai aspek pemberdayaan masyarakat yang bertumpu pada sektor-sektor ini. Dunia pertambangan tidak harus identik dengan kerusakan lingkungan. Sorowako adalah contoh model yang perlu dikembangkan untuk Indonesia,” tambahnya.

Zudan juga mengungkapkan dukungannya terhadap sarana dan prasarana yang telah dikelola PT Vale indonesia Tbk untuk kemajuan wilayah Kabupaten Luwu Timur khususnya di sorowako 

“Ada beberapa aspek besar yang harus dibahas, termasuk SDM, sarana-prasarana, dan pendanaan. Prinsipnya, kami mendukung apa yang terbaik untuk Vale Indonesia, Luwu Timur, dan Sulawesi Selatan. Tata kelolanya harus yang terbaik dan berkelanjutan,” kata Zudan.

Dari l laporan keuangan perusahaan, Senin (29/7), TP Vale mengantongi laba bersih USD 37,28 juta atau setara Rp 607,2 miliar (kurs Rp 16.286 per USD). Angka ini anjlok 82,06 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu USD 207,80 juta atau Rp 3,38 triliun. 

Berita Pilihan :  YCISM Tegaskan Komitmennya Menjaga Kamtibmas dan Lawan Intoleransi

Merosotnya laba bersih ini seiring dengan penurunan pendapatan INCO. Pada semester I 2024, perusahaan meraup pendapatan USD 478,75 juta (setara Rp 7,79 triliun), anjlok 27,34 persen dibandingkan pendapatan semester I 2023 senilai USD 658,96 juta (setara Rp 10,73 triliun). 

Meski mengalami penurunan laba bersih dan pendapatan, volume produksi bijih nikel sepanjang semester I 2024 naik menjadi 34.774 metrik ton dibanding periode sama pada tahun sebelumnya 33.691 metrik ton. Sejalan dengan kenaikan produksi, penjualan nikel matte juga naik menjadi 35.680 per akhir Juni 2024 dibandingkan tahun sebelumnya 33.221 ton. 

Harga realisasi rata-rata bijih nikel turut menjadi beban perseroan karena mengalami penurunan sepanjang semester I 2024 sekitar USD 13.416 per ton, dibanding periode sama pada tahun sebelumnya USD 19.836 per ton. 

“Meskipun kondisi pasar yang tidak menentu, kami tetap berkomitmen untuk mengoptimalkan kapasitas produksi, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi biaya,” tulis CEO dan Presiden Direktur Vale Indonesia Febriany Eddy melalui keterangan tertulis, Senin (29/7/2024).

Febriany optimistis perusahaan akan terus meningkatkan produksi dan efisiensi biaya pada paruh semester kedua. Pihaknya telah menyusun strategi bisnis untuk mengintegrasikan operasional usaha. 

“Memasuki semester kedua tahun ini, kami akan terus proaktif mendorong inisiatif penghematan biaya. Untuk memastikan biaya tunai per unit tetap kompetitif dalam upaya menghasilkan margin yang sehat,” katanya.

Pos terkait