Air Muncul di Lubang Tambang, DLH Palu : Tidak Berbahaya Bagi Lingkungan

  • Whatsapp
Kunjungan DLH Kota Palu ke Site PT CPM terkait air di lubang tambang Operasional CPM, Selasa 1 /08/ 2023. (Bulletin/foto:ist)

PALU,BULLETIN.ID – Beredar video di media sosial mengenai air yang tiba-tiba muncul sehingga membentuk lubang di area pertambangan PT. Citra Mineral (CPM) beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut pemerintah Kota Palu melalui dinas lingkungan hidup (DLH) langsung melakukan kunjungan ke Site PT CPM terkait air di lubang tambang Operasional CPM, Selasa 1 Agustus 2023.

Kepala DLH Kota Palu Muhammad Arief saat dihubungi via telephone mengatakan bahwa setelah tim dari DLH melakukan pemeriksaan pihaknya menilai munculnya air di area pertambangan PT CPM itu tidak berbahaya sebab hanya merupakan air limpasan atau yang diakibatkan hujan lebat.

Meski demikian Arif menyarankan agar pihak CPM melakukan uji sampel air yang berada di lokasi lubang tambang tersebut.

“Kita menyarankan pihak CPM melakukan pengujian sampel air itu, dimana akan dilakukan,kapan akan dilakukan dan hasil pengujiannya seperti apa. mengingat ini adalah bagian dari pemantauan” Kata Arief

Menanggapi Hal itu Manager Government Relation and Permit PT CPM, Amran Amier mengatakan bahwa sampel dari air tersebut kini telah dilakukan pengujian

“Saat ini air tersebut telah dikirim ke laboratorium external yakni PT Global Quality Analitical. Perusahaan tersebut telah tersertifikasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN),” Kata Amran.

Amran juga mengatakan air yang dipompa keluar dari kolam tambang (sump) dimasukan ke kolam sedimen (sediment pond) untuk dilakukan pengelolaan. Dari hasil uji lab internal PT CPM terhadap air yang ada di kolam tambang, didapatkan pH rata-rata 7,9 dan kekeruhan (TSS) 4 mg/liter dimana baku mutu lingkungan untuk pH di angka 6-9 dan kekeruhan 200 mg/liter berdasarkan Permen LH nomor 05 Tahun 2022

Berita Pilihan :  Periode 2022-2024 Wali Kota Telah Beri Penguatan Pada 6000 UMKM 

“Berdasarkan data internal PT CPM per tanggal 31 Juli 2023, volume air yang tersimpan di kolam tambang (sump) sebesar 1226 m3 dan telah dilakukan pemompaan air keluar dengan total 1129 m3 menggunakan pompa dengan ukuran pipa 1 inch,” Katanya.

Amran menambahkan sebelum melakukan aktivitas di lokasi tersebut tim Mine Engineer CPM sudah melakukan kajian dan menganalisis jika di lokasi tersebut adanya muka air tanah di elevasi 308 mdpl.

“Sehingga kami sudah mengantisipasi sebelumnya jika beraktivitas di area penambangan tersebut,” Jelasnya.

Amran menekankan bahwa PT Citra Palu Minerals (CPM) berkomitmen dan bertekad beroperasi secara aman dan bertanggung jawab serta terus menerus berusaha menciptakan suatu lingkungan kerja yang aman dan kondusif. Dalam operasionalnya mengutamakan kaidah good mining practice. (Bulletin/W

Pos terkait