Ponpes Islam Amanah Putra Kolaborasi Dengan Pemerintah Jaga Kamtibmas di Wilayah Poso 

  • Whatsapp
Ponpes Islam Amanah Putra Kolaborasi Dengan Pemerintah Jaga Kamtibmas di Wilayah Poso. (Bulletin/foto:ist)

POSO,BULLETIN.ID – Pondok Pesantren Islam Amanah Putra adalah salah satu pondok pesantren islam di Kabupaten Poso yang dinaungi oleh Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso, yayasan ini berdiri sejak tahun 2008 silam dan telah memiliki legalitas dan terdaftar di Kemenkumham maupun di Kesbangpol dan Kementerian Agama Kabupaten Poso.

Pondok Pesantren Amanah Putra yang terletak di Jalan Trans Sulawesi, Dusun Bunta Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso. Memiliki staf pengajar ustadz dan ustadzah serta guru yang kompeten pada bidang pelajarannya masing-masing, sehingga berkualitas dan menjadi salah satu pesantren terbaik di Kabupaten Poso.

Pondok Pesantren Islam Amanah Putra sendiri menerima lulusan SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), sedangkan tingkatan pendidikan yakni, Madrasah Tsanawiyah (MTS) atau sederajat dengan SMP dan tingkatan Madrasah Aliyah (MA) atau sederajat dengan SMA.

“Sistem belajar mengajar yang dilakukan, selain berstandar kurikulum yang berlaku  juga di bawah pengawasan Kementerian Agama serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Poso, sehingga sistem belajar mengajar yang ada di Pondok Pesantren Amanah Putra sudah lebih baik dari sebelumnya dan juga dari pihak” Kata Ustadz Imam Syafi’i Pengurus Ponpes Islam Amanah Putra. 

Ia juga menyebutkan bahwa Yayasan Wakaf Amanatul Ummah Poso juga terus melakukan upaya perbaikan dan pengembangan terhadap sistem pendidikan yang ada di Ponpes tersebut.

Visi dan misi ponpes islam amanah putra diantaranya menciptakan kader yang handal secara spiritual, emosional dan intelektual sebagai ulama Robbaany yang siap berperan aktif dalam Iqomatuddin. Selain itu menyelenggarakan pendidikan Islam yang berpedoman Al-quran dan As-Sunnah sesuai pemahaman dan pengamalan Salafus Sholih dan menciptakan nuansa kekeluargaan dalam menerapkan peraturan dan proses belajar mengajar.

Berita Pilihan :  Poso Humanity Care Dukung Satgas Ops Madago Raya Cegah Paham Radikalisme

Pondok Pesantren Amanah Putra akan selalu mendukung program Pemerintah serta bersedia bekerja sama dengan pihak Kepolisian terutama dalam hal pencegahan terhadap perkembangan dan pemahaman radikal di wilayah Kabupaten Poso. Untuk itu ponpes akan selalu bekerja sama dengan pembina sekaligus pendiri Pondok Pesantren Amanah Putra yakni K.H. Adnan Arsal dan tetap berupaya terus berkolaborasi dengan aparat keamanan untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang ada di wilayah Kabupaten Poso. 

“pihak Pondok Pesantren akan selalu bersedia bersinergi dengan pihak Kepolisian serta mendukung program pemeliharaan Kamtibmas, sehingga apa yang menjadi harapan kita semua dengan wilayah Kab. Poso kedepan semakin aman dan kondusif” Tutur Imam Syafi’i

Menurutnya Menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Poso tidak bisa hanya dibebankan kepada aparat keamanan, tetapi butuh kerja sama semua elemen masyarakat apalagi dalam situasi saat ini sangat rentan adanya provokasi-provokasi dari oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang bisa membuat situasi tidak kondusif dikarenakan untuk itu perlu adanya kerja sama semua pihak. 

Dan komunikasi terus dilakukan, sehingga apabila ada hal-hal yang dapat mengganggu Kamtibmas dapat segera diatasi

Pondok Pesantren Islam Amanah Putra merupakan Pondok Pesantren yang didirikan oleh K.H. Adnan Arsa,dimana Pondok Pesantren ini ada 2 (dua) yakni Pondok Pesantren Amanah Putra yang beralamat di Jl. Trans Sulawesi, Dusun Bunta, Desa Toini, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso dan satunya lagi Pondok Pesantren Amanah Putri yang ada di wilayah Tanah Runtuh, Jl. Pulau Irian Jaya, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso. (Bulletin/Wawa) 

Pos terkait