Festival Tanggal Bango Lahirkan Gerakan Pembangunan di Bidang Budaya 

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Drs. Arfan secara resmi menutup Festival Tangga Banggo ke-4 tahun 2023 Kelurahan Siranindi, Kota Palu pada Minggu, 10 September 2023.(Bulletin/Foto:Ist)

PALU,BULLETIN.ID – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palu, Drs. Arfan secara resmi menutup Festival Tangga Banggo ke-4 tahun 2023 Kelurahan Siranindi, Kota Palu pada Minggu, 10 September 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bappeda menyampaikan bahwa sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Palu yakni membangun Kota Palu yang Mantap (Mandiri, Aman, Nyaman, Tangguh, dan Profesional), salah satu yang dikaitkan itu, perlunya dihidupkan kearifan lokal dan keagamaan di Kota Palu.

Tentunya untuk mencapai hal tersebut, Pemerintah Kota Palu mendorong dinas teknis,  bagaimana mengembangkan kehidupan masyarakat yang filosofinya itu sudah lahir di setiap kelurahan dan telah menjadi budaya di setiap kelurahan.

“Itu yang dikembangkan menjadi suatu kegiatan yang melahirkan gerakan-gerakan yang membuat kita, lebih bersemangat lagi khususnya dalam mendukung pembangunan di bidang budaya,” kata Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda menyebut saat ini sudah ada sekitar 11 kegiatan di setiap kelurahan dengan berbagai latar belakang, ada yang berbasis budaya seperti Tangga Banggo, kemudian ada yang berbasis religi seperti Kampung Baru Fair, bahkan ada juga yang berbasis olahraga seperti di Kelurahan Donggala Kodi, Duyu, maupun Pengawu.

Tentunya kegiatan-kegiatan ini menjadi catatan, sehingga Wali Kota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara khusus memberikan pesan kepada Bappeda dan Dinas Pariwisata Kota Palu, agar festival-festival di kelurahan harus difasilitasi dengan baik.

Sehingga, kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat, tidak hanya bersifat hura-hura, akan tetapi memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat, termasuk juga promosi terhadap budaya.

“Ini yang sekarang lagi kita kaji dengan pariwisata, yang tentunya kita lakukan agar ada kegiatan yang berkenaan basisnya, misalnya seni dan budaya, ini yang coba kita satukan waktunya. Kita kaitkan dengan hari ulang tahun kota. Jadi begitu hari ulang tahun kota nanti, sudah akan ada beberapa kelurahan yang melaksanakan kegiatan, yang intinya seni dan budaya,” jelas Kepala Bappeda.

Berita Pilihan :  Wali Kota Palu Desak Perusahaan Tambang Galian C Atasi Dampak Lingkungan Pasca Hujan Deras

Begitupun event-event yang ada hubungannya dengan olahraga, nantinya juga akan dikaitkan dengan kegiatan olahraga di tingkat kota, tapi dibuat di setiap kelurahan.

Sehingga wali kota, lanjut Kepala Bappeda menginginkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Kota Palu, tetapi ada sesuatu nilai positif yang bisa mendatangkan orang dari luar daerah untuk melihat budaya yang ada.

“Model seperti itulah lagi kita kembangkan kedepan. Intinya bagaimana festival ini memberikan dampak pada sektor ekonomi masyarakat, karena Kota Palu pendapatan terbesarnya dari sektor jasa, yaitu ekonomi UMKM,” jelas Kepala Bappeda.

Kepala Bappeda memuji perhelatan Festival Tangga Banggo yang didalamnya terdapat pameran UMKM, menandakan bahwa festival ini bukan hanya hura-hura, tetapi memberikan dampak besar pada UMKM dan IKM.

Selain itu, kata Kepala Bappeda, wali kota berpesan bahwa tahun ini akan dibicarakan bersama-sama terkait dengan pembangunan role model Tangga Banggo, yang diharapkan bisa dijadikan sebagai satu icon.

“Intinya InsyaAllah tahun depan pintu gerbang atau tugu Tangga Banggo akan dibangun di Kelurahan Siranindi,” tambah Kepala Bappeda.

Pos terkait