BULLETIN.ID,- Kedutaan Besar Inggris Jakarta Bekerjasama dengan Lapor Covid-19 Mengembangkan Layanan Kesehatan Virtual Rumah Sehat Rakyat di Sulawesi Tengah.
Menyediakan Layanan Telehealth untuk Kelompok Marjinal dan Komunitas yang Terdampak Penyakit Menular, Perubahan Iklim dan Bencana Alam.
Kedutaan Besar Inggris Jakarta melalui Program Akses Digital (Digital Access Programme/ DAP) bersama dengan mitra lokal, Lapor Covid-19 dan mitra komunitas Palu, Roa Jaga Roa (RJR) akan mengenalkan Layanan Kesehatan Virtual — Rumah Sehat Rakyat (RSR).
RSR bertujuan untuk mengurangi tekanan pada layanan kesehatan dengan menggunakan teknologi yang menyediakan akses virtual kepada masyarakat lokal guna menjangkau layanan dokter dan tenaga kesehatan professional lainnya. RSR mendukung penyediaan layanan konsultasi kesehatan fisik dan Mental kepada masyarakat yang paling terkena dampak penyakit menular, perubahan iklim dan bencana alam.
Rapat koordinasi telah dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kota Palu untuk membahas langkah-langkah meningkatkan Cakupan jangkauan proyek dalam menyediakan telehealth untuk kelompok marjinal.
Indonesia menanggung berbagai risiko kesehatan. Dengan letak geografis di area Cincin Api menjadikan Indonesia sangat rawan bencana. Dampak perubahan iklim telah menyebabkan banjir yang lebih sering dan tingkat polusi tinggi yang berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat. Sebagai negara kepulauan berpenduduk 270 juta orang, menanggulangi dampak pandemi seperti pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan tersendiri. Sejak Desember 2020 sampai dengan Juli 2021, hampir seluruh rumah sakit di seluruh wilayah Indonesia berada diambang kehancuran. Meskipun terdapat beberapa pelonggaran pembatasan pandemi dalam kurun waktu tersebut, namun layanan kesehatan terus mengalami tekanan berat Pasien-pasien kesulitan untuk mendapatkan tes Covid-19, mengakses rumah sakit dan dukungan kesehatan lainnya dari puskesmas karena banyak petugas mereka yang terinfeksi Covid-19 dan tidak dapat bekerja.
Sebagian besar daerah juga mengalami kekurangan pusat isolasi untuk pasien positif Covid-19. Akibatnya, pemerintah berjuang keras untuk menyiapkan layanan kesehatan yang memadai untuk pasien Covid-19 tanpa gejala atau mengalami gejala ringan hingga yang perlu melakukan isolasi mandiri di rumah.
Oleh karena itu, ada kebutuhan mendesak untuk mendukung penyedia layanan kesehatan lokal dengan menawarkan intervensi felehealth untuk pencegahan dan promosi kesehatan masyarakat, serta — layanan kesehatan dasar.
Kedutaan Besar Inggris di Jakarta melalui Program Akses Digital (Digital Access Programme/ DAP) telah bekerjasama erat dengan pemerintah daerah dan mitramitrinya dalam mengatasi tantangan tersebut. Melalui pendanaan sebesar Rp. 3.6 miliar, DAP bekerjasama dengan dua mitra Indonesia untuk mewujudkan Proyek Rumah Sehat Rakyat (RSR) di beberapa daerah termasuk Sulawesi Tengah dengan memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat marjinal. Proyek ini akan berlangsung hingga akhir 2022.
RSR bertujuan untuk mengurangi tekanan pada layanan kesehatan dengan menggunakan teknologi untuk menyediakan akses virtual kepada masyarakat iokal untuk menjangkau tayanan dokter dan penyedia kesehatan professional lainnya.
RSR mendukung penyediaan layanan konsultasi kesehatan fisik dan mental kapan masyarakat yang paling terkena dampak penyakit menular, perubahan iklim, dan bencana alam.
Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan layanan kesehatan di tujuh wilayah geografis berbeda yang telah terkena dampak buruk dari penyakit menular, perubahan iklim, dan bencana alam, termasuk Palu di Sulawesi Tengah.
RSR mengadopsi intervensi felehealth untuk menawarkan berbagai layanan promosi, pencegahan, dan kesehatan masyarakat kuratif. Melalui telehealth, RSR menyediakan dua layanan utama. Layanan yang pertama adalah Edukasi Kesehatan Masyarakat (Community Health EducatiovCHE) dan Edukasi Kesehatan Mental Masyarakat (Community Mental Helath EducatiodvCMHE) di wilayah yang ditargetkan, mencakup dukungan sosial dan hukum, serta intervensi perubahan perilaku.
Hal ini bertujuan meningkatkan literasi kesehatan dan mencegah penyebaran penyakit menular seperti Covid-19 di kalangan masyarakat dan masalah kesehatan mental terutama pada kelompok marjinal di area-area yang ditargetkan.
Layanan kedua adalah konsultasi RSR juga memberikan kesempatan kepada mitra komunitas di Palu, Roa Jaga Roa dan komunitas lainnya untuk lebih aktif terlibat dalam diseminasi materi edukasi tentang kesehatan fisik dan mentai kepada masyarakat luas.
Sejauh ini, Roa Jaga Roa telah menjalin komunikasi dengan pemerintah daerah dan pejabat rumah sakit tentang implementasi RSR, serta untuk mempromosikan melalui televisi, radio, dan media sosial. Selain tu, pelibatan Roa Jaga Roa juga dimaksudkan untuk menjalankan kampanye di beberapa sekolah yang ditargetkan dan lembaga pendidikan lainnya.
Layanan RSR bersifat gratis. Bagi mereka yang terdaftar menjadi pengguna RSR akan ada kunjungan virtual rutin oleh para tenaga kesehatan professional untuk memeriksa dan mengamati kondisi kesehatan mereka. Namun, tim RSR tidak menyediakan peralatan kesehatan dalam layanan kesehatan virtual ini.
Sebaliknya, sistem RSR memungkinkan dokter dan individu untuk memasukkan data kondisi kesehatan dasar ka dalam sistem Kemudian memberikan penilaian individu yang mencerminkan kondisi kesehatan pasien.
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins mengatakan bahwa Covid-19 telah menyebabkan gangguan kesehatan dan ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya di banyak negara di seluruh dunia, termasuk di Inggris dan Indonesia.
“Saya sangat senang bahwa Program Akses Digital kami mendukung sektor digital secara menyeluruh hingga di bagian Timur Indonesia. Melalui kemitraan kami dengan Lapor Covid-19, Rumah Sehat Rakyat menjadi demonstrasi yang sangat baik tentang bagaimana kami dapat membantu mengembangkan cara-cara baru yang inovatif dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat yang rentan dan marjinal di Indonesia,” ujar Owen Jenkins. Rabu (24/08/2022).
Namun, lanjutnya, kondisi ini juga telah mempercepat transisi ke solusi digital di banyak bidang kehidupan kita termasuk perawatan kesehatan. Menurut Owen, Organisasi layanan kesehatan telah merespon pandemi Covid-19 dengan mengadopsi solusi digital baru dan alat teknologi canggih dengan cepat.
“Inggris berkomitmen untuk membantu Indonesia mengembangkan solusi dan model digital baru dalam perawatan kesehatan sehingga setiap individu di seluruh lapisan masyarakat dapat mengakses dukungan yang tepat, pada waktu yang tepat, dan dengan cara yang benar untuk mereka”, tutur Owen. (Bulleti.Id)