Eks Napiter Jadi Kontraktor Pembangunan di Kabupaten Poso

  • Whatsapp

POSO,BULLETIN.ID – Sukirno atau yang dikenal dengan nama Kirno, yang sebelumnya menjalani proses hukum dan dijatuhi hukuman pidana penjara selama 4 tahun berdasarkan Undang-Undang No. 15 Tahun 2003 tentang tindak pidana terorisme, kini menjalani kehidupan baru sebagai kontraktor dalam proyek pembangunan di Pemerintahan Daerah Kabupaten Poso.

Setelah mendapatkan remisi selama 1 tahun 7 bulan, Kirno menjalani hukuman selama 2 tahun 5 bulan dan akhirnya dinyatakan bebas pada tanggal 14 Juli 2009. Saat ini, kegiatan utamanya adalah terlibat dalam proyek pembangunan di Kabupaten Poso, khususnya proyek yang berada di lingkungan Pemerintahan Daerah.

Meskipun sebelumnya terlibat dengan eks napiter dari kelompok MIT Poso, saat ini kirno terlihat tidak begitu aktif dalam pergaulan dengan mereka. Lebih jauh, ia tampak lebih fokus berinteraksi dengan rekannya yang terlibat dalam proyek pemerintahan setempat.

Ketika ditemui oleh tim satgas , Kirno menyampaikan terima kasih kepada pihak Kepolisian dari Satgas 1 Ops Madago Raya yang telah berkunjung ke kediamannya di Jl. Pulau Madura, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso.

Ia mengungkapkan bahwa kunjungan ini diharapkannya dapat memperkuat komunikasi antara eks narapidana dan pihak kepolisian, dengan tujuan menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kabupaten Poso.

Kirno terlihat terbuka dan menerima siapa saja yang mendatangi dirinya, terutama dari pihak kepolisian. Ia menyatakan bahwa hubungan silaturahmi antara pihak kepolisian dan eks narapidana sangat penting untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Poso.

Dalam pertemuan tersebut, Kirno juga mengingatkan untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu. Ia mengajak semua pihak untuk tidak melakukan tindakan yang bertentangan dengan hukum, terutama menjadi anti-pemerintah. Selain itu Kirno juga mendukung program pemerintah dalam mencegah pemahaman radikal melalui kegiatan deradikalisasi.

Berita Pilihan :  Komitmen Mantan Napiter Jaga Kamtibmas di Poso 

 “saya  bersedia membantu kegiatan pencegahan terhadap pemahaman radikal, khususnya di wilayah Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso”tuturnya.

Kirno berkomitmen untuk selalu mendukung program pemerintah dalam membangun Kabupaten Poso yang lebih baik.

Ia juga siap membantu kepolisian dalam upaya menjaga keamanan dan menciptakan situasi yang kondusif di wilayah tersebut. Semua ini dilakukan dengan harapan agar Kabupaten Poso tetap aman dan kondusif, sebagai hasil dari kerjasama antara pihak berwenang dan masyarakat.

Pos terkait