Program MBKM, Pemkot Palu Libatkan 133 Mahasiswa Jadi Fasilitator Kelurahan Cantik Statistik

  • Whatsapp
KELURAHAN CANTIK - Sekkot Palu, Irmayanti Petalolo menerima 133 mahasiswa Untad yang ikut dalam program magang atau fasilitator Kelurahan Cantik Statistik di empat Kecamatan di Kota Palu, Senin (26/2/2024) di Ruang Rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu. (Bulletin/Foto: Resti Ananda)

PALU, BULLETIN.ID – Sebanyak 133 mahasiswa Universitas Tadulako (Untad) Palu fakultas Ekonomi dan Bisnis menjadi fasilitator Kelurahan Cantik Statistik di sejumlah Kelurahan yang ada di Kota Palu.

Serah terima 133 mahasiswa tersebut dilakukan langsung oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Irmayanti Petalolo, pada Senin (26/2/2024) di Ruang Rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu.

Sekkot menjelaskan, program magang dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) ini sejalan dengan misi Pemkot Palu dalam menciptakan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik.

Kehadiran mahasiswa dalam fasilitator Kelurahan cantik Statistik ini diharapkan memudahkan pihak kelurahan dalam mengimput dan mengindetifikasi informasi warga di kelurahan untuk menyusun potensi masing-masing kelurahan di Kota Palu.

“Data stastistik ini nanti untuk mengembangkan potensi kelurahan, kehadiran adik-adik ini sangat membantu percepatan sistem kelurahan cantik atau kelurahan statistik di Kota Palu,” jelasnya.

Sekkot juga menjelaskan, 133 mahasiswa tersebut akan disebar di sejumlah kelurahan yang di empat kecamatan di Kota Palu diantaranya Palu Timur, Palu Selatan, Mantikulore dan Tatanga.

“Jadi kelurahan yang ada di empat kecamatan itu harus manfaatkan kehadiran adik-adik ini dengan baik sesuai dengan kapasitas mereka,” jelasnya.

Fungsional Statistik BPS Kota apa Lux I Ketut Dibia juga menjelaskan, 133 mahasiswa ini akan ditempatkan di masing-masing kelurahan yang ada dengan mengumpulkan beberapa data seperti data Sumber Daya Alam (SDM), sosial, ekonomi, pemerintahan dan semua yang termuat dalam profil kelurahan.

“Kalau mereka berhasil merangkum data-data tersebut, mereka akan ditugaskan untuk mempercantik website kelurahan,” jelasnya. ***

Berita Pilihan :  Pemkot Palu Razia Parkir Liar 

Pos terkait