Jaga Stabilitas dan Kepatuhan Keimigrasian, Kemenkumham Sulteng Gelar Operasi Jagratara

  • Whatsapp
Tim Keimigrasian dan Kanim Palu melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap karyawan asing PT HongThai International. Kamis (02/05/2024). (Bulletin/Foto:Ist)

PALU, BULLETIN.ID  – Hari Pertama Operasi Jagratara Serentak, yang digelar oleh Direktorat Jendral Imigrasi, menunjukan kolaborasi yang erat antara Tim Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulteng dan Kantor Imigrasi Palu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan penegakan hukum demi menjaga stabilitas dan keamanan negara.

Dengan dimulai rapat koordinasi daring yang dipimpin oleh Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, kegiatan dilanjutkan dengan pengawasan di Kawasan Ekonomi Khusus Palu, khususnya di PT. Hongthai Internasional yang bergerak dalam pengolahan getah karet.

Tim Keimigrasian dan Kanim Palu melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap karyawan asing PT HongThai International untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi yang berlaku. Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan, Baskoro Dwi Prabowo, memberikan penjelasan mendalam mengenai peraturan dan kebijakan imigrasi yang relevan bagi perusahaan, termasuk prosedur izin kerja bagi pekerja asing.

Dalam upaya menjaga kepatuhan terhadap regulasi imigrasi, Tim Keimigrasian dan manajemen PT HongThai International sepakat untuk berkolaborasi secara intensif dan selalu berkoordinasi sebelum mengambil langkah-langkah terkait keimigrasian.

Kegiatan Hari Pertama Operasi Jagratara ini mencatat kesuksesan dengan telah dilakukannya pengawasan yang ketat di PT Hongthai International, menegaskan komitmen bersama untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah (Sulteng), Hermansyah Siregar, dalam keterangannya di sela-sela Operasi Jagratara Serentak di Palu, menekankan pentingnya penegakan hukum imigrasi untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara.

“Operasi Jagratara Serentak ini merupakan wujud komitmen Direktorat Jenderal Imigrasi dalam menjaga stabilitas dan keamanan negara melalui penegakan hukum imigrasi yang efektif,” ujar Hermansyah.

Berita Pilihan :  Kakanwil Kemenkumham Sulteng Dorong Perlindungan Hukum Produk Usaha Ekraf di Sigi

Lebih lanjut, Hermansyah menjelaskan bahwa operasi ini bertujuan untuk mencegah pelanggaran keimigrasian dan memastikan kepatuhan terhadap regulasi imigrasi yang berlaku.

“Kita ingin memastikan bahwa semua orang asing yang ada di wilayah Indonesia mematuhi peraturan dan kebijakan imigrasi yang berlaku,” tegasnya.

Hermansyah juga mengapresiasi kolaborasi yang erat antara Tim Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Palu dengan PT HongThai International dalam menjaga kepatuhan terhadap regulasi imigrasi.

“Kolaborasi ini menjadi contoh nyata dari upaya bersama untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara,” ujarnya.

Kolaborasi yang erat antara Tim Divisi Keimigrasian dan Kanim Palu menjadi contoh nyata dari upaya bersama untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara melalui penegakan hukum imigrasi yang efektif.

Pos terkait