JAKARTA, BULLETIN.ID — Komitmen PT Jasa Raharja dalam memperkuat tata kelola perusahaan dan kepatuhan hukum kembali berbuah prestasi. Perusahaan plat merah di bidang asuransi sosial ini meraih penghargaan Indonesia’s Most Innovative In-House Counsel Team 2025 untuk sektor asuransi dalam ajang Indonesian In-House Counsel Summit & Awards (IHCA) 2025 yang diselenggarakan oleh Hukumonline di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (3/10/2025).
Penghargaan bergengsi ini diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap inovasi dan kontribusi Tim Legal Jasa Raharja Dalam menghadirkan praktik terbaik di bidang tata kelola hukum, manajemen risiko, dan kepatuhan perusahaan.
Tahun ini, IHCA 2025 mengangkat tema “Agility in Convergence”, yang menyoroti pentingnya peran penasihat hukum internal dalam menjawab tantangan kompleksitas bisnis modern melalui pendekatan hukum yang adaptif dan kolaboratif. Dalam proses penjurian, tim hukum Jasa Raharja dinilai menonjol karena berhasil mengintegrasikan aspek hukum dengan strategi bisnis secara efektif, sehingga memperkuat ketahanan tata kelola perusahaan di sektor asuransi sosial.
Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Jasa Raharja, Harwan Muldidarmawan, menyampaikan apresiasinya atas penghargaan tersebut. Ia menilai, penghargaan ini mencerminkan transformasi peran in-house counsel di lingkungan korporasi modern.
“Penghargaan ini menjadi bukti nyata bahwa peran in-house counsel telah berevolusi. Tidak lagi sebatas fungsi konsultasi hukum, tetapi juga sebagai mitra strategis perusahaan dalam menghadirkan solusi, mengelola risiko, dan menjembatani kepentingan hukum, bisnis, serta kepatuhan secara simultan,” ujar Harwan.
Lebih lanjut, Harwan menegaskan bahwa penghargaan ini menjadi dorongan bagi Jasa Raharja untuk terus membangun budaya kepatuhan dan tata kelola yang kokoh di seluruh lini organisasi.
“Sejalan dengan semangat Agility in Convergence, kami berkomitmen menjadikan fungsi hukum sebagai bagian integral dari setiap pengambilan keputusan strategis. Nilai keadilan, kepastian, dan kemanfaatan hukum harus selalu hadir dalam setiap langkah perusahaan,” tambahnya.
Dengan capaian ini, Jasa Raharja menegaskan posisinya sebagai perusahaan yang tidak hanya fokus pada pelayanan publik, tetapi juga terus berinovasi dalam memperkuat sistem hukum dan tata kelola yang akuntabel, transparan, dan adaptif terhadap perubahan.
Langkah tersebut sejalan dengan mandat perusahaan dalam memberikan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan lalu lintas di seluruh Indonesia, sekaligus memperkuat kepercayaan publik terhadap kinerja BUMN di sektor asuransi sosial.






