Aktivitas TKA dan TKI PT GNI Morowali Utara Sudah Berjalan Normal

  • Whatsapp
Aktivitas TKA dan TKI PT GNI Morowali Utara Sudah Berjalan Normal. (Bulletin/foto :dok)

Bulletin.id, Aktivitas Tenaga Kerja Asing (TKA) dan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) PT Gunbuster Nickel Industri (GNI) hari ini sudah berjalan normal. Para pekerja saat ini sudah fokus kembali melakukan pekerjaannya masing – masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

“Kedua belah pihak sudah membaur secara harmonis melaksanakan aktivitas sesuai bidang pekerjaan masing-masing,” kata Kabid Humas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (18/1/2023).

Hari pertama PT. GNI kembali beroperasi kemarin diikuti 2.963 karyawan terdiri dari 350 TKA dan 2.613 TKI, kemudian pada hari kedua hari ini juga sudah kembali seperti biasanya dengan kisaran hampir tiga ribu pekerja baik TKA maupun TKI yang menjalankan pekerjaannya, ujar Kabid humas Polda Sulteng. 

“Untuk lebih menjamin keamanan, petugas ditempatkan di sejumlah titik, di antaranya pintu masuk perusahaan, beberapa pos, mess karyawan TKA dan kantor PT GNI, serta beberapa pos yang dibangun dalam kawasan perusahaan,” ujar Didik.

Didik mengatakan, perkembangan situasi di kawasan GNI dipastikan aman dan pihak keamanan siap memberikan pengawalan dan pengamanan baik untuk para pekerja maupun keberlangsungan operasionalPT. GNI.

Harmonisasi yang telah tercipta antara TKI dan TKA semoga terus terjaga guna mengembalikan citra positif perusahaan, sekaligus mengangkat pamor Morowali Utara sebagai salah satu daerah industri yang aman dan nyaman untuk berinvestasi ucap Didik.

Sementara itu Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan masyarakat di morowali Utara sudah bisa kembali menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala dan tidak ada ada yang perlu dikhawatirkan karena pemerintah telah memastikan aparat keamanan baik Polri maupun TNI telah menjaga keamanan PT. GNI baik didalam perusahaan ataupun disekitarnya.

Berita Pilihan :  Huabao Gandeng PJK3 Sertifikasi SIO Pada 181 Operator

Pemerintah berharap agar seluruh masyarakat tenang dan kembali ke kehidupan normal seperti biasa, karena pada saat ini, situasi di Morowali sudah kondusif dan tidak ada lagi ketegangan antara TKA dan TKI, mereka sudah berbaur seperti layaknya sahabat, ujarnya.

Hal senada juga  disampaikan Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto dengan tegas membantah adanya isu miring yang menyebutkan bahwa seolah-olah suasana di PT GNI masih mencekam. Pihaknya memastikan kondisi di Morowali utara sudah aman dan nyaman.

“Itu tidak benar. Jaminan kepastian keamanan ini juga perlu disebar ke wilayah lain karena pasca kejadian, sudah tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan karena semua sudah berjalan seperti biasanya,” ungkapnya.

Pos terkait