Baznas Sigi dan Islamic Relief Bantu Pengembangan Ekonomi Masyarakat Sigi

  • Whatsapp
Ketua Baznas Sigi As'ad Syukur bersama perwakilan Islamic Relief Fahmi Rahmatna saat menghadiri sosialisasi project, Liperda, diruang rapat Kantor Bupati Sigi, Jumat (3/3/2023). (Bulletin/Foto:Aji)

 

SIGI,BULLETIN –  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sigi kerjasama Yayasan Islamic Relief menyerahkan bantuan dalam pengembangan ekonomi masyarakat Sigi. 

Anggaran bantuan tersebut berjumlah Rp1. 800.000.000 (Rp1, 8 M). Bantuan itu dengan sasaran 450 Kepala Keluarga (KK) yang ada di enam desa yakni Desa Loru dan Pombewe Kecamatan Sigi Biromaru akan memperoleh bantuan kambing. 

Selanjutnya, Desa Kabobona, Kotarindau dan Desa Kotapulu Kecamatan Dolo akan mendapat bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Desa Oloboju Kecamatan Sigi Kota akan mendapatkan bantuan usaha bawang garing. 

Rinciannya adalah penerima bantuan kambing berjumlah 200 KK, penerima bantuan UMKM berjumlah 200 KK dan penerima bantuan bawang garing berjumlah 50 KK. Dimana setiap KK akan mendapatkan bantuan Rp4 juta. 

Demikian dikatakan Ketua Baznas Kabupaten Sigi, As’ad Syukur, kepada wartawan Mercusuar, Jumat (3/3/2023).

Sementara itu, perwakilan Yayasan Islamic Relief Fahmi Rahmatna mengatakan, sosialisasi project, Livelihoot recovery in post disaster area (Liperda). Supported by Islamic Relief Netherlands, program ini akan segera berjalan. 

Program ini kita jalankan bersama Baznas dalam hal ini adalah Baznas Sigi coba kolaborasi, yang menjadi sasaran program ini adalah para mustahiq-mustahiq yang ada di enam desa di Sigi melalui rekomendasi Baznas Sigi dan ada 450 KK penerima manfaat. 

Setelah teridentifikasi para mustahiq ini, selanjutnya akan ada pelatihan-pelatihan untuk penguatan kapasitas terkait dengan pengembangan ekonomi, bagaimana menyusun rencana usaha, membuat proposal dan pelatihan teknis dibasis bisnisnya dan mereka dapat mengakses bantuannya.

Turut hadir dalam kesempatan itu, para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwakilan Kecamatan Dolo, Sigi Kota dan Kecamatan Sigi Biromaru, serta para kepala desa sasaran penyerahan bantuan. ***

Berita Pilihan :  Huabao Gandeng PJK3 Sertifikasi SIO Pada 181 Operator

Pos terkait