Sekkab Lepas Tim Safari Ramadhan Baznas Sigi

  • Whatsapp
Sekretaris DaeraH Kabupaten Sigi Drs. Nuim Hayat,melepas secara langsung puluhan tim safari ramadhan badan amil zakat (Baznas) Kabupaten sigi tahun 1444H/ 2023. Jumat 14/04/2023. (Bulletin/Foto: indra)

SIGI,BULLETIN.ID – Sekretaris DaeraH Kabupaten Sigi Drs. Nuim Hayat,melepas secara langsung puluhan tim safari ramadhan badan amil zakat (Baznas) Kabupaten sigi tahun 1444H/ 2023. Jumat 14/04/2023. 

Kegiatan ini merupakan awal dari pelaksanaan safari ramadhan oleh badan amil zakat (BAZNAS) Kabupaten Sigi. 

“Baznas ini akan mengisi safari ramadhan yang akan mengisi di 10 masjid yang ada di kabupaten Sigi” Kata Drs. Nuim Hayat,saat melepas tim safari ramadhan Baznas Kabupaten Sigi. 

Ia mengatakan bahwa tim safari ramadhan memiliki tugas untuk memberikan pencerahan dan informasi kepada masyarakat tentang Baznas itu sendiri, tentang zakat dan kewajiban untuk pembayaran zakat. 

Menurutnya Hal ini harus dikelola dengan baik mengingat potensi zakat di Kabupaten sigi yang begitu luar biasa khususnya dari OPD Kabupaten Sigi.

“Karena ini sangat penting apabila dikelola dengan bagus melalui Baznas ini akan banyak orang-orang terbantu akan banyak usaha-usaha bingga masyarakat yang kurang mampu dapat di bantu, kegiatan keagamaan lainnya termasuk panti asuhan bisa kita bantu. Dan inilah ruang ruang bagi kita untuk berbagi” Tuturnya. 

Sekkab mengatakan bahwa pemerintah Kabupaten Sigi  akan melakukan evaluasi setiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini juga dianggap bisa membantu pemerintah karena bisa saja ruang ruang yang dicangkup oleh Bazanas sendiri bisa saja belum tercover oleh pemerintah. 

Sementara itu Ketua Baznas Sigi Hadi Wijaya mengatakan bahwa badan amil zakat kabupaten sigi adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh negara di bawah pemerintah pusat langsung hingga ke tingkat provinsi dan kabupaten kota. 

Badan amil zakat yang dibentuk oleh pemerintah bertujuan untuk mengumpulkan zakat infak maupun sedekah karena pemerintah ingin mengetahui seberapa besar potensi zakat yang ada di sebuah daerah. 

Berita Pilihan :  Kelompok Sahabat Hijrah Ampibabo Berkomitmen Berbagi dan Mencegah Radikalisme

Hadi berharap bahwa masyarakat dapat bekerja sama mengingat Baznas tidak mampu berjalan sendiri dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat. 

“Zakat itu dalam dalam rukun islam jadi kita yang sudah memiliki kemampuan dan kelebihan. Nah yang kita pahami sekarang adalah pembayaran zakat dilakukan sekali setahun yakni zakat fitrah tapi potensi zakat-zakat lainnya belum di lakukan semuanya ini yang perlu dilakukan sosialisasi tidak hanya oleh Baznas” Kata Hady 

Ia menuturkan bahwa potensi zakat itu ada banyak seperti zakat pertanian,zakat peternakan dan juga zakat Mal atau zakat penghasilan. Untuk itu badan Baznas sendiri memiliki tujuan dan program yang telah berjalan dalam pengumpulan zakat untuk disalurkan ke yang membutuhkan. 

Pos terkait