Gerhana Bulan Akan Memukau Sebagian Wilayah di Indonesia Pada 29 Oktober 2023

  • Whatsapp
ilustrasi

BULLETIN.ID – Minggu, 29 Oktober 2023, akan menjadi hari di mana sebagian wilayah Indonesia dapat menyaksikan peristiwa gerhana Bulan sebagian yang akan terjadi. Ini merupakan gerhana keempat yang akan terjadi di tahun 2023, setelah gerhana Matahari hibrid pada 20 April, gerhana Bulan penumbra pada 5-6 Mei, dan gerhana Matahari cincin pada 14 Oktober.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa gerhana adalah hasil dinamika pergerakan posisi Matahari, Bulan, dan Bumi. Gerhana Bulan terjadi ketika cahaya Matahari terhalangi oleh Bumi, sehingga sebagian cahaya tidak mencapai Bulan. Gerhana Bulan sebagian terjadi saat Bulan, Matahari, dan Bumi sejajar, menyebabkan sebagian piringan Bulan masuk ke dalam umbra Bumi. Pada puncak gerhana, Bulan akan tampak berwarna gelap dengan sedikit nuansa kemerahan pada bagian yang terkena umbra Bumi.

Durasi gerhana, mulai dari fase awal (P1) hingga berakhir (P4), akan berlangsung selama 4 jam, 28 menit, dan 10 detik. Sementara durasi parsialitas, yaitu lama waktu antara fase awal gerhana sebagian (U1) hingga berakhirnya gerhana sebagian (U4), akan berlangsung selama 1 jam, 18 menit, dan 57 detik.

Gerhana Bulan Sebagian yang terjadi pada 29 Oktober 2023 ini adalah anggota ke-11 dari seri Saros 146 yang memiliki total 73 anggota. Gerhana Bulan sebelumnya yang terkait dengan gerhana ini terjadi pada 17 Oktober 2005. Sementara itu, gerhana Bulan berikutnya yang terkait dengan gerhana ini akan terjadi pada 8 November 2041.

Jam berapa Anda bisa menyaksikan gerhana Bulan Sebagian pada 29 Oktober 2023? Menurut Kementerian Agama, waktu gerhana akan berbeda-beda di setiap wilayah di Indonesia:

Berita Pilihan :  Resmi Terbentuk, Relawan To Kaili Dukung Pasangan AA - AKA di Pilgub Sulteng 2024

Pukul 02:34-03:53 WIB: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pukul 03:34-4:53 WITA: Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Pukul 04:34-05:53 WIT: Maluku Utara dan sebagian besar Maluku.

Pukul 04:34 WIT sampai Bulan terbenam: Papua, sebagian besar Papua Barat, dan sebagian Maluku.

Jadi, siapkan diri Anda untuk menyaksikan keajaiban alam ini pada tanggal 29 Oktober 2023, sesuai dengan zona waktu wilayah Anda.

Pos terkait