Perpustakaan SSB Sigi Lulus Nominasi Terbaik 2024, Wakili Sulteng di Tingkat Nasional 

  • Whatsapp
Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi Lulus Nominasi Terbaik 2024, Wakili Sulteng di Tingkat Nasional. (Bulletin/Foto:Nona Mhit)

SIGI, BULLETIN.ID – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah mengumumkan penetapan nominasi lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik tahun 2024, berdasarkan hasil pengamatan dan penilaian tim juri tingkat nasional.

Melalui surat dengan nomor B.3502/4/PPM.00.02/VI.2024, yang ditandatangani Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Adin Bondar, Perpustakaan Nasional RI menyatakan bahwa Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi, di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah dinyatakan LULUS dalam nominasi enam besar pada Klaster III Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik Tingkat Nasional tahun 2024.

“Kami sangat mengapresiasi prestasi yang baik ini. Sangat bagus dan luar biasa sebagai sekolah baru. Tinggal dibenahi beberapa hal lagi,” kata Kepala Dinas Pustaka Sulteng, I Nyoman Sriadijaya, usai penyerahan hadiah di Gedung Pogombo, Kantor Gubernur Sulteng, Sabtu (29/6/24).

Tahap selanjutnya, Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi bersama 20 nominator se-Indenesia lainnya akan menghadapi tahap visitasi tim juri tingkat nasional, yang dijadwalkan akan berlangsung sejak tanggal 3 Juli hingga 23 Agustus 2024 mendatang.

Sementara untuk Sekolah Sukma Bangsa Sigi, proses visitasi dijadwalkan pada Rabu 17 Juli hingga Jumat 19 Juli 2024 mendatang, dimana tim juri akan melakukan peninjauan dan penilaian langsung di lapangan terkait situasi dan kondisi berdasarkan berkas dan bukti dukung yang telah dikirimkan ke tingkat nasional, serta presentasi dari Kepala Perpustakaan, termasuk pemutaran video profil, wawancara serta verifikasi keaslian bukti dukung.

Sebelumnya, Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi berhasil menjuarai lomba Perpustakaan tingkat SMA/SMK/MA se-Sulawesi Tengah Tahun 2024, yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Pustaka) Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam ajang lomba perpustakaan tersebut, yang diikuti sekolah tingkat atas se-Sulteng, berdasarkan beberapa kriteria yang sudah ditentukan, Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa menjadi juara pertama yang ditetapkan oleh tim penilai.

Sementara untuk juara kedua adalah Perpustakaan SMA Negeri 1 Bulagi di Salakan, Banggai Kepulauan. Sedangkan juara ketiga diraih Perpustakaan SMA Negeri 1 di Kota Palu. Dan peringkat empat hingga enam, berturut-turut masing-masing diberikan kepada Perpustakaan SMA Negeri 1 Biau di Buol, SMA Negeri 3 Poso, dan SMK Negeri 1 Tolitoli.

“Alhamdulillah kami bahagia dan merasa sangat senang dengan pencapaian ini,” ujar Kepala Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi, Dadan Darusman.

Ia berharap pencapaian itu dapat memberikan motivasi bagi peserta didik untuk menumbuhkan budaya literasi di lingkungan sekolah.

“Semoga ini menjadi motivasi besar bagi anak-anak untuk terus mengasah kemampuan menulis dan kegemaran terhadap budaya membaca,” tutur Dadan Darusman.

Tidak hanya itu, Ia juga berharap mendapat dukungan penuh dari pihak Yayasan yang menaungi Sekolah Sukma Bangsa Sigi, dalam melakukan perbaikan dan pembenahan terhadap kekurangan yang masih dimiliki Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi, seperti catatan yang disampaikan penyelenggara.

“Semoga ke depannya kami lebih baik lagi dan bisa menghasilkan prestasi yang semakin membanggakan untuk Kabupaten Sigi dan Sulawesi Tengah,” harap Dadan Darusman. 

Sebagai perpustakaan sekolah yang baru berdiri dengan usianya yang memasuki tahun ketiga, keberhasilan menjadi juara bagi Perpustakaan Sekolah Sukma Bangsa Sigi merupakan prestasi yang sangat baik, setelah perpustakaan tersebut telah mengikuti proses akreditasi.

Pos terkait