Kakanwil Kemenkumham Sulteng Apresiasi Tradisi Makan Bareng Idul Fitri di Rutan Palu

  • Whatsapp
Makan Bareng di Rutan Palu diadakan pada Rabu (10/4/2024) dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulteng. (Bulletin/Foto:Ist)

PALU, BULLETIN.ID – Tradisi Makan Bareng kembali menyemarakkan suasana Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Rutan Palu untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antara Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan petugas.

Pada tahun ini, Makan Bareng di Rutan Palu diadakan pada Rabu (10/4/2024) dan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ricky Dwi Biantoro, Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan, M. Nur Amin, serta Pejabat Struktural dan Pegawai Rutan Palu.

Suasana penuh keakraban dan kehangatan terpancar saat para WBP dan tamu undangan duduk bersama menikmati hidangan yang telah disediakan. Tradisi Makan Bareng ini menjadi momen spesial bagi para WBP untuk merasakan kebersamaan dan kehangatan di tengah masa pembinaan.

Hermansyah Siregar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengatakan bahwa Makan Bareng merupakan tradisi yang positif dan perlu dilestarikan.

“Kegiatan ini merupakan wujud nyata pembinaan kepribadian bagi WBP untuk membangun rasa kebersamaan dan kekeluargaan, terlebih dalam momen menyambut Hari Raya Idul Fitri,” ujar Hermansyah.

Lebih lanjut, Hermansyah berpesan kepada WBP agar selalu menjaga kekondusifan dan keamanan di dalam Rutan. Ia juga mendorong WBP untuk mengikuti program pembinaan yang disediakan dengan baik agar dapat kembali ke masyarakat sebagai pribadi yang lebih baik.

Mewakili Kepala Rutan Palu, Herdi, mengungkapkan bahwa tradisi Makan Bareng ini rutin diadakan setiap tahun menjelang Hari Raya Idul Fitri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan komunikasi antara WBP dan petugas, serta memberikan motivasi kepada WBP untuk menjalani masa pembinaan dengan lebih baik.

Berita Pilihan :  Kemenkumham Sulteng Hadirkan Layanan Konsultasi Badan Usaha dan Badan Hukum Gratis

“Tradisi Makan Bareng ini diharapkan dapat memberikan rasa nyaman dan kekeluargaan bagi WBP, sehingga mereka dapat merasakan kebahagiaan di momen Idul Fitri, meskipun berada di dalam Rutan,” ujar Herdi.

Selain itu, dalam kesempatan ini Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Hermansyah Siregar, juga melakukan peninjauan terhadap Layanan Kunjungan di Rutan Palu. Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan bahwa layanan kunjungan di Rutan Palu berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

Pos terkait